Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Permainan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/ Sains : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia.
4. Matematika : Menggunakan pengukuran berat.
5. Bahasa Indonesia :
R Mendengarkan Memahami wacana lisan tentang benda-benda di
sekitar dan dongeng.
R Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng.
R Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
R Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar :
- IPS :
– Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
- IPA :
– Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan.
- PKn :
– Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah.
- Matematika :
– Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
– Membandingkan berat benda ( ringan , berat )
- Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
– Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
– Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca
– Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
– Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
– Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
– Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
- Seni Budaya dan Keterampilan :
– Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana
– Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
– Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat
I. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat :
– Melaksanakan tata tertib di rumah dan disekolah.
– Membandingkan rumah yang sehat dan tidak sehat.
– Menyebutkan ciri-ciri rumah sehat dan tidak sehat.
– Menyebutkan benda langit yang terlihat pada siang dan malam hari.
– Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada siang dan malam hari.
– Menyebutkan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.
– Menggunakan sifat pertukaran dan pengelompokkan bbilangan.
– Melakukan pengukuran berat
– Menunjukkan hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.
– Mendeskripsikan benda, dan menentukan nama benda sesuai deskripsinya.
– Membuat kalimat berdasarkan gambar.
– Membaca teks pendek, penggalan cerita dengan intonasi dan lafal yang tepat.
– Membaca dengan memperhatikan tempat jeda.
– Membaca dengan menekankan pada kata tertentu.
– Membaca/ mendeklamasikan puisi dengan benar.
– Menyalin kalimat dengan huruf lepas, huruf tegak bersambung, kalimat yang didiktekan guru dengan bentuk tulisan yang baik.
– Menuliskan puisi anak dengan tulisan tegak bersambung.
– Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
– Memainkan alat musik sedrehana.
– Menyebutlkan macam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
– Tata tertib di rumah dan di sekolah.
– Rumah sehat dan rumah tidak sehat.
– Benda langit
– Oprasi hitung bilangan.
– Berat dan ringan ( geometri )
– Deskripsi
– Membaca nyaring.
– Menulis huruf sanbung
– Membaca puisi.
– Menuliskan puisi.
– Memainkan alat musik sederhana.
– Menyanyikan lagu anak dan lagu wajib.
– Gerak berpindah tempat dalam gerak tari.
III. Metoda Pembelajaran :
– Ceramah
– Diskusi.
– Tanya jawab.
– Demontrasi.
– Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
– Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
– Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui lagu bintang kecil, bulan sabit, siswa mengingat kembali tentang bulan, matahari dan bintang ( benda langit )
F Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi sederhana tentang tata tertib yang sudah dilaksanakan di rumah.
F Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 20 ) + ( 3 + 4 ) =....
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyanyikan lagu anak-anak bersama-sama (lagu bintang kecil, lagu bulan sabit )
F Menyebutkan ciri-ciri dari tiap benda langit yang disebutkan dalam lagu tersebut.
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa menceritakan benda-benda langit yang terliahat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Setelah diskusi siswa menyebutkan tata tertib yang belum bisa dilaksanakan di rumah.
F Mengelompokkan jenis tata tertib yang ringan dan berat untuk dilaksanakan.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 23 +24 )
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeskripsikan benda milik pribadi dengan bahasa sendiri dibawah bimbingan guru.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 34 +12 )
F Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 30 + 10 ) + ( 4 + 2 ) =....
F Memperhatikan benda yang diperlihatkan guru.
F Mendeskripsikan / mengulang deskripsi benda-benda yang tunjukkan guru..
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru dari benda tersebut.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan bahasa sendiri.
F Menjelaskan manfaat rumah sehat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan ciri-cirinya.
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Membandingkan kedua gambar dengan menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, b.Indonesia, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan deskripsi dari benda yang lain.
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar siswa.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 28 +11 )
F Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 10 ) + ( 8+ 1 ) =....
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
F Mengambil salah satu contoh benda ( tas sekolah ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda tersebut dengan menggunakan huruf lepas.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Menempel bentuk benda langit yang sesuai pada gambar yang telah disediakan guru.
F Memberi warna yang dapat menggambarkan bila benda langit tersebut muncul.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar siswa.
F Menjelaskan deskripsi dari benda yang lain.
F Mengamati gambar anak-anak sedang melakukan permainan yang diperlihatkan guru.
F Dengan bimbingan guru siswa mencari hasil pengurangan dengan sifat pertukaran dan pengelompokan bilangan berdasarkan nilai tempatnya ( 20 - 10 ) + ( 8- 1 ) =....
F Memperhatikan kalimat pengurangan yang ditulis guru di papan tulis.( 28 - 11 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengambil salah satu contoh benda ( kapur tulis ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda tersebut dengan menggunakan huruf lepas
F Mengurangkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat pengurangan yang ditulis guru di papan tulis. ( 47 - 25 )
F Dengan bimbingan guru siswa mencari hasil pengurangan dengan sifat pertukaran dan pengelompokan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 40 - 20 ) + ( 7- 5 ) =....
F Memperhatiakan benda yang ada di sekitar siswa.
F Menjelaskan deskripsi dari benda yang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengurangkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
F Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
F Mengambil salah satu contoh benda ( gelas minum ), lalu menyebutkan ciri-ciri dari benda tersebut dengan menggunakan bahasa yang sederhana.
F Menuliskan deskripsi dari benda-benda tersebut dengan menggunakan huruf sambung yang rapi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit ( IPS, SBK, B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan bahasa sendiri.
F Membandingkan kedua gambar dengan menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
F Menjelaskna kerugian rumah tidak sehat.
F Memperhatikan cara memainkan alat musik sederhana yang telah disediakan/ dibawa oleh siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memainkan alat musik sederhana dengan lagu yang mudah dikuasai siswa.
F Membuat kelompok untuk penampilan alat musik dan lagu anak-anak yang sudah dikuasai.
F Memainkan alat musik dan menyanyikan lagu di hadapan teman-temannya dengan percaya diri secara kelompok.
F Menyanyikan salah satu lagu wajib yang mudah dihafalkan siswa.
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan oleh guru ( gmb anak-anak sedang melakukan permainan )
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secra lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan kalimatnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, Matematika, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan demontrasi secara langsung mencari benda yang ada di sekitar siswa, melakukan dan membandingkan berat beberapa benda.
F Mendeskripsikan benda-benda yang dilihatnya.
F Membandingkan berat dan ringan benda
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Melengkapi gambar dengan gambar benda langit yang muncul pada siang hari..
F Memberi warna yang dapat menggambarkan bila benda langit tersebut muncul
F Menyebutkan beberapa benda yang termasuk berat.
F Menyebutkan beberapa benda yang ringan.
F Memebandingkan berat benda dengan kalimat sehari-hari lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.
F Menyebutkan tata tertib yang ada di sekolah
F Simulasi tata tertib sekolah.
F Memberi contoh pelaksanaan tata tertib sekolah.
F Mencari sendiri benda-benda yang dapat diukur beratnya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua : 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika , IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan gambar yang diperlihatkan oleh guru ( gmb anak-anak sedang melakukan permainan )
F Menyimak tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Melalui pengamatan terhadap model siswa menyebutkan ciri-ciri rumah sehat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa membuat kalimat yang tepat sesuai dengan gambar.
F Siswa menyampaikan kalimat secara lisan.
F Secara bergiliran siswa menyampaikan kalimatnya.
F Melakukan tanya jawab tentang gambar dan kalimat yang disampaikan siswa lain.
F Dengan demontrasi secara langsung mencari benda yang ada di sekitar siswa, melakukan dan membandingkan berat beberapa benda.
F Menyebutkan beberapa benda yang termasuk berat.
F Menyebutkan beberapa benda yang ringan.
F Memebandingkan berat benda dengan kalimat sehari-hari lebih berat, lebih ringan, dan sama berat.
F Mengerjakan Lembar Kerja Siswa.
§ Melaporkan hasil diskusi kelompok. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga : 3 x 35 menit (, Matematika, B. Indonesia , IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa mencari beberapa benda yang berat dan ringan di luar kelas.
F Mengelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan berat dan ringan.
F Mengerjakan Lembar Kerja secara diskusi kelompok.
F Melaporkan hasil diskusi di hadapan guru dan siswa lain.
F Memberikan tanggapan positif terhadap laporan diskusi tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
F Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang .
F Melalui pengalaman dan tugas, siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.
F Melengkapi gambar dengan gambar benda langit yang muncul pada malam hari..
F Memberi warna yang dapat menggambarkan bila benda langit tersebut muncul
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat : 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda pendek pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa menemukan beberapa benda yang berat dan ringan di luar kelas.
F Mengelompokkan benda-benda tersebut berdasarkan berat dan ringan.
F Mengerjakan Lembar Kerja secara diskusi kelompok
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima : 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda panjang pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( kelereng, kapur, koin)
F Mengukur berat benda dengan satuan kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin.
F Mengisi daftar isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam : 3 x 35 menit ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menyimak penggalan cerita yang tertulis pada buku..
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memperhatikan jeda pendek pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan terhadap model siswa menjelaskan ciri-ciri rumah tidak sehat.
F Mengerjakan tugas secara kelompok.
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan kembali macam-macam gerakan berpindah tempat. ( melompat,berjinjit, berputar, melangkah ke depan,ke belakang, ke samping, berlari kecil, dll).
F Memperagakan gerakan melompat,berjinjit, berputar, melangkah ke depan,ke belakang, ke samping, berlari kecil, yang dilakukan secara kelompok.
F Melakukan gerakan berpindah tempat yang disesuaikan dengan gerakan tangan dan kepala.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati model/ gambar binatang yang ditampilakn guru.
F Mendeskripsikan benda-benda yang dilihatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nama-nama binatang tersebut.
F Mengelompokkan binatang yang keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan pada siang hari.
F Menyebutkan jenis makanan dan cara memangsa dari binatang tersebut..
F Menyebutkan ciri-ciri khusus binatang tersebut.
F Menyebutkan tata tertib yang ada di sekolah
F Simulasi tata tertib sekolah.
F Memberi contoh pelaksanaan tata tertib sekolah.
F Mencari sendiri benda-benda yang dapat diukur beratnya.
F Membandingkan berat dan ringan benda
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( bola tenis, bola pingpong, biji salak, permen.)
F Mengukur berat benda dengan satuan bola tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji salak dan permen.
F Mengisi daftar isian dari hasil pengukuran tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua : 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika , IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca dengan memberikan penekanan pada kata tertentu pada kalimat tersebut.
F Membaca wacana dengan suara nyaring secara klasikal.
F Membaca dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang benar.
F Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
F Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
F Menjelaskan masing-masing gambar dengan bahasa sendiri.
F Menjelaskan kegunaan jendela, saluran air kotor, bak sampah bagi setiap rumah.
F Menjelaskan akibat tidak merawat rumah bagi manusia dan lingkungan sekitar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari arti dari kata-kata khusus tersebut.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( kelereng, kapur, koin)
F Mengukur berat benda dengan satuan kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin.
F Mengisi daftar isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil.
F Membandingkan kedua gambar dengan menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga : 3 x 35 menit (, Matematika, B. Indonesia , IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendeklamasikan puisi tersebut sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai ( wajar).
F Mengamati model/ gambar binatang yang ditampilakan guru.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku ( bola tenis, bola pingpong, biji salak, permen.)
F Membaca dengan memperhatikan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Membaca puisi dengan suara nyaring secara klasikal.
F Menyimak puisi /syair lagu yang ditulis / dibagikan pada siswa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengukur berat benda dengan satuan bola tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji salak dan permen.
F Mengisi daftar isian dari hasil pengukuran tersebut.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
F Memperhatikan cara membaca sesuai dengan petunjuk guru.
F Membaca secara individual, kelompok, atau klasikal.
F Menyebutkan nama-nama binatang tersebut.
F Mengelompokkan binatang yang keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan pada malam hari.
F Menyebutkan jenis makanan dan cara memangsanya.
F Menyebutkan ciri-ciri khusus binatang tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat : 3 x 35 menit ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
F Menyimak wacana pendek yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiapa kata.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunakan huruf kapital.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kaliamt tersebut dengan huruf lepas terlebih dahulu.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
F Mengukur berat benda dengan satuan kelereng.
F Mengukur berat benda dengan satuan kapur.
F Mengukur berat benda dengan satuan koin
F Mengukur berat benda dengan satuan bola tenis
F Mengukur berat benda dengan satuan bola pingpong
F Mengukur berat benda dengan satuan biji salak dan permen.
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima : 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan hasil dari tiap pengukuran berat untuk melihat perbedaan hasil pengukuran.
F Menyimak kalimat yang didiktekan oleh guru.
F Melafalkan kalimat yang didiktekan guru.
F Membaca kalimat yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengukur berat benda dengan satuan buku.
F Mengukur berat benda dengan satuan pulpen.
F Mengukur berat benda dengan satuan pensil
F Membandingkan hasil dari pengukuran berat satuan tak baku yang digunakan tersebut, untuk mencari perbedaan hasil
F Mengerjakan Lembar Keraja Siswa.
F Menuliskan ke dalam buku tulis sendiri kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam : 3 x 35 menit ( IPS, SBK, B.Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melengkapi gambar rumah dengan ventilasi, tempat sampah, taman bunga, pohon besar, agar menjadi rumah yang sehat dengan cara menghubungkan titik-titik.
F Menyimak puisi yang ditulis di papan tulis.
F Memperhatikan bentuk huruf dari tiap kata.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mewarnai gambar sesuka hati agar menjadi gambar yang indah.
F Memajang hasil karya di depan kelas.
F Memberi tanggapan positif terhadap hasil karya setiap siswa.
F Memperagakan gerakan melompat,berjinjit, berputar, melangkah ke depan,ke belakang, ke samping, berlari kecil, yang dilakukan secara kelompok.
F Melakukan gerakan berpindah tempat yang disesuaikan dengan gerakan tangan dan kepala.
F Memeragakan gerakan tari dengan iringan lagu dengan gerakan berpindah temapt dan gerakan tangan yang sesuai dengan musik.
F Gerakan tari secara berkelompok.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunakan huruf kapital.
F Menyalin puisi dengan menggunakan huruf sambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali puisi yang sudah ditulis agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
– Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
– Mengerjakan post tes
– Pemberian PR / tugas
– Memberiakn pujian terhadap siswa yang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar.
V. Alat dan Sumber Belajar
§ Buku Sumber :
– Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
– Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
– Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
– Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
– Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
– Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
– Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
§ Alat Peraga :
– gambar rumah sehat dan tidak sehat.
– gambar bulan, bintang, dan matahari.
– benda-benda kecil, timbangan gantung dari karton.
– kelereng, kapur, biji-bijian, bola tenis, bola pingpong,
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
· Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat · Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat · Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.
· Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari. · Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari. · Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.
· Melaksanakan tata tertib di rumah. · Melaksanakan tata tertib di sekolah
· Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan. · Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari. · Memberi contoh benda yang berat dan ringan. · Mengukur berat benda dengan satuan tak baku. · Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.
· Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
· Memainkan alat musik sederhana. · Menyanyikan lagu dengan syair yang benar. · Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya. · Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.) | Tes lisan Tes tertulis | Uraian isian |
· Bandingkan rumah sehat dan tidak sehat · Sebutkan cirri-ciri rumah sehat · Sebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.
· Ceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari. · Gambarkanlah benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari. · Ceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.
· Bagaimana cara melaksanakan tata tertib di rumah. · Bagaimana cara Melaksanakan tata tertib di sekolah
· Bagaimana cara Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan. · Bagaimana cara Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari. · Sebutkanlah contoh benda yang berat dan ringan. · Bagaimana cara Mengukur berat benda dengan satuan tak baku. · Tunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku.
· Bagaimana cara Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Bagaimana cara Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Bagaimana cara Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain..
· Bagaimana cara Memainkan alat musik sederhana. · Nyanyikanlah lagu dengan syair yang benar. · Sebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya. · Jelaskanlah gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.) |
Contoh Lembar Kerja Siswa Matematika
Kelompok : ...........................
Anggota :
o .......................
o .......................
o ........................
o ........................
Kalian sudah menemukan benda di halaman ?
Nah sekarang coba bandingkan dan kelompokkan benda mana yang berat dan benda yang ringan !
No | Benda yang berat | Benda yang ringan |
1 | | |
2 | | |
3 | | |
4 | | |
5 | | |
6 | | |
7 | | |
8 | | |
9 | | |
10 | | |
Contoh Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : ...........................
Anggota :
1 .......................
2 .......................
3 ........................
4 ........................
5. ........................
Gambarlah matahari yang pernah kalian lihat dan amati dengan cara melihat bayangannya dalam air. Ikuti cara gurumu !
|
Pernahkah kalian melihat bulan di waktu malam ?
Tentu kalian pernah melihatnya, disamping bulan pasti ada bintang.
Cobalah gambar bulan dan bintang yang kalian ketahui!
|
VII. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar