Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Kebersihan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan
masalah.
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi
secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana
dan dongeng.
· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca lancar
dan membaca puisi anak.
· Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan : Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
· Menceritakan kembali peristiwa penting.
2. IPA :
· Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan.
· Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
3. PKN :
- Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah.
4. Matematika :
- Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
- Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
· Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
· Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara
· Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
Membaca
· Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
· Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
· Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
· Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
- Seni Budaya dan Keterampilan :
· Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam
I. Tujuan Pembelajaran** :
Sisawa dapat :
· Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
· Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua / orang lain
· Memperagakan cara menggerakkan benda
· Menyebutkan bentuk gerak.
· Menjelaskan penyebab gerak.
· Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak
· Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
· Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
· Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
· Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan
· Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
· Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
· Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
· Penjumlahan bilangan secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
· Penjumlahan secara bersusun panjang.
· Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
· Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
· Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
· Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
· Menyebutkan tokoh dalam dongeng
· Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
· Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
· Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
· Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
· Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
· Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
· Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
· Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
· Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
· Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimik yang sesuai.
· Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
· Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
· Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
· Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain
· Menentukan sumber bunyi.
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
· Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Hak anak di rumah dan disekolah.
· Peristiwa yang pernah dialami
· Energi dan perubahannya
· Oprasi hitung bilangan.
· Gambar tunggal atau gambar seri.
· Dongeng.
· Menyampaikan rasa suka atau tidak suka
· Membaca lancar
· Membaca puisi anak
· Menulis huruf sambung.
· Menyalin puisi
· Unsur-unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik.
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
· Mengulang dan mengingatkan pelajaran yang telah lalu.
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Atas permintaan guru siswa memberikan contoh yang biasa dilakukan ketika menyampaikan keinginan kepada orang tua.
F Memberikan tanggapan dan penilaian pada setiap tampilan siswa.
F Memberi pujian dan penguatan kepada siswa yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa yang sopan.
F Menjelaskan alasan mengapa ketika meminta/ menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara dan bahasa yang sopan.
F Menjelaskan bahwa benda yang berbentuk bola lebih mudah bergerak dibandingkan bentuk lain.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 24 + 12 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang sopan.
F Melalui peragaan siswa dapat memeperagaakan cara menggerakkan benda.
F Setelah dapat memperagakan ,siswa mengambil kesimpulan bentuk benda mempengaruhi mudah dan sulitnya benda bergerak.
F Menyebutkan bermacam bentuk benda ( benda yang besar, kecil, segi tiga, kerucut, bola, kubus, tak beraturan, tabung)
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 32 + 15 )
F Mengamati benda/ model yang ditunjukkan oleh guru.
F Menyimak contoh deskripsi yang disampaikan guru dari benda tersebut.
F Meniru/ mengulang deskripsi yang sesuai dengan deskripsai guru.
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru, siswa menyebutkan nama benda yang sesuai dengan namanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mencari benda lain dan mendeskripsikannya dengan bimbingan guru.
F Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
F Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
F Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang disampaikan guru.
F Memberi tanggapan positif terhadap penampilan siswa.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 31 + 17)
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng tersebut.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng tersebut di depan kelas.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
F Dari peragaan menggerakkan benda, siswa menjelaskan bentuk gerak benda.
F Melalui peragaan langsung siswa dapat menyebutkan bahwa benda dapat bergerak bila didorong, ditendang, ditarik, ada yang bergerak ke depan, ke samping, ke belakang dan ada pula yang bergerak berputar.
F Setelah melakukan peragaan siswa mengerjakan LKS.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 mnt.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengingat kembali dongeng yang disampaikan guru dengan menyampaikan ringkasannya.
F Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng .
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 14 + 32 )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab pertanyaan tentang isi dongeng yang telah didengarkan.
F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa yang dimengerti.dengan menggunakan kalimat sendiri.
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 25 + 11 )
F Melalui cerita guru tentang hal yang disukai dan hal yang tidak disukai, siswa termotivasi untuk menyampaikan pengalamannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Siswa menyampaikan hal yang disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.
F Siswa menyampaikan hal yang tidak disukai baik benda maupun kegiatan secara individual.
F Menuliskan kesukaan dan ketidak sukaan pada suatu kegiatan pada Lembar Kerja secara individual.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang masa kecil atau tentang peristiwa yang berkesan, siswa termotivasi untuk menceritakan peristiwa yang pernah dialaminya.
F Secara bergilir untuk anak yang mempunyai keberanian , menceritakan pengalaman/ peristiwa yang berkesan kepada teman-temannya.
F Siswa lain memberi tanggapan terhadap penampilan temannya.
F Mengingat kembali hal yang disukai dan yang tidak disukai.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi alam dan non alam.
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi.
F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dll.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang ada di sekitar siswa.
F Menyampaikan alasan mengapa benda / kegiatan tersebut disukai.
F Menyampaikan alasan mengapa suatu benda/ kegiatan tidak disukai.
F Membuat kesimpulan bersama – sama, bahwa setiap manusia mempunyai rasa suka atau tidak suka yang tidak sama.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui contoh yang disampaikan guru, siswa mengingat kembali pengalaman bermain yang mengesankan sebagai bukti hak anak telah dirasakan.
F Memberikan beberapa contoh benda yang bergerak karena diberi energi ( gerobak dapat bergerak karena diberi energi melalui dorongan tangan, mobil bergerak karena menggunakan bensin bola masuk gawang melalui energi tendangan kaki).
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 23
23 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menceritakan pengalaman bermain bersama teman, adik atau anggota keluarga yang lain.
F Dengan bimbingan guru siswa mengambil kesimpulan dari setiap pengalaman bermain tersebut sebagai ilmu pengetahuan.
F Memberikan penghargaan bagi siswa yang baik dalam menyampaikan ceritanya.
F Melalui pengamatan pada model dan demontrasi siswa dapat menemukan fakta bahwa benda dapat bergerak karena diberi tenaga disebut juga energi.
F Setelah menyebutkan penyebab dari benda bergerak ( ada energi ) siswa dapat menemukan fakta sumber energi dari taip benda bergerak ( makanan sumber energi manusia, bensin sumber energi bagi kendaraan, batu batre sumber energi bagi mobil-mobilan, listrik sumber energi bagi TV radio lemari es dll.)
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis. 22 +
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 15
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan klasikal dengan suara nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek.
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan wacana pendek yang terdiri dari 3 – 5 kata yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 14
15 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan klasikal dengan suara nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan tempat jeda panjang .
F Melakukan tanya jawab tentang isi bacaan.
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Melalui diskusi kelompok sederhana, siswa menyusun daftar gerak benda dan sumber geraknya.
F Melaporkan hasil diskusi di hadapan teman-temannya.
F Memberikan tanggapan positif terhadap hasil diskusi siswa/ temannya.
F Membuat kesimpulan bersama.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan penggalan cerita yang terdiri dari 5– 7 baris yang ditulis oleh guru di papan tulis.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 16
32+
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat untuk tiap kalimat.
F Membaca kalimat secara individual, kelompok dan klasikal dengan suara nyaring.
F Membaca dengan memperhatikan kata tertentu sesuai tema..
F Mencari arti kata yang diberi tanda khusus.
F Membuat kaliamt dari kata yang mempunyai arti khusus.
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak puisi yang dibagikan kepada siswadari syair lagu anak-anak.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 17
22 +
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Membaca puisi dengan intonasi dan lafal yang baik dengan bimbingan guru secara klasikal.
F Membacakan puisi di depan kelas.
F Memberikan tanggapan positif terhadap penampilan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit ( Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang dapat menguat dan melemah.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( anatar guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik menguat dan melemah.
F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik menguat dan melamah.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
F Mengingat kembali puisi yang telah dihapalkan bersama.
F Mendeklamasikan di depan kelas tanpa membawa catatan.
F Mengekspresikan dalam gerak dan mimic yang sesuai dan wajar.
F Memberi penilaian terhadap siswa yang telah berani dan hafal puisi tersebut.
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah siswa menyebutkan dan menjelaskan teori sumber energi gerak, siswa melakukan peragaan langsung untuk membuktikan adanya sumber energi gerak .
F Menjelaskan sikap yang harus dilakukan ketika mendapatkan kesulitan dalam pelajaran atau hal lain, baik di sekolah, di rumah atau di tepat lain.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 23 = .......+ ......
23 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan batere yang dimasukan ke dalam mobil-mobilan, dan akhirnya mobil-mobilan dapat bergerak, lalu batere di buka kembali siswa dapat membuktikan mobil-mobilan tidak dapat bergerak.
F Melakukan peragaan melalui pegas/per dengan cara pulpen yang menggunakan pegas dibuka per/ pegasnya, dan dapat melihat akibatnya. Per/ pegas dimasukkan kembali ke dalam pulpen dan dapat melihat perubahannya. Melihat jungkat-jungkit yang biasa dipakai bermain, jungkai-jungkit dapat bergerak bila di bawahnya ada pegas/ per. Tapi bila pegas/per di ambil apa yang terjadi ?
F Membuat kesimpulan sementara bersama-sama.
F Melalui diskusi sederhana dalam kelompok dan pengalaman , siswa menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dilakukan di sekolah mau pun di rumah.
F Menjelaskan dan melaporkan hasil diskusi.
F Memberi tanggapan terhadap hasil diskusi teman/ siswa dengan memberikan tepuk tangan.
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatiakn kalimat yang ditulis guru di papan tulis.
F Memberi tanda untuk huruf yang harus menggunkan huruf besar ( kapital).
F Membaca tiap kalimat dengan suara nyaring.
F Menyalin kalimat dari huruf lepasa ke dalam huruf lepas terlebih dahulu.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 23 = .......+ ......
15 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat yang telah disalin, untuk memeriksa kesalahan dan kekurangannya.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 32 = .......+ ......
11= ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyalin kalimat dari huruf lepas ke dalam huruf tegak bersambung.
F Memberi tanda huruf yang menggunakan huruf kapital (awal kalimat, nama orang, nama bulan )
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Melalui dorongan tangan mencari bukti bahwa meja, kursi dan benda lainnya dapat bergerak,
F Melakukan percobaan dengan magnet dan benda benda dari besi, kaca, kayu kertas.
F Menyusun daftar benda yang dapat ditarik oleh magnet.
F Mengerjakan LKS.
F Melaporkan hasil kerja kelompok.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit.( Bahasa Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak kalimat yang didiktekan guru.
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 33 = .......+ ......
11= ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengucapkannya bersama-sama agar tepat dengan penulisannya.
F Menuliskan kalimat (dengan menggunakan tulisan tegak bersambung) yang didiktekan setelah ada aba-aba dari guru.
F Membaca kalimat yang telah ditulis agar sesuai dengan kalimat yang diucapkan guru.
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun panjang 17 = .......+ ......
12 = ........+ ...... +
= ........+ .........
= .........
F Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.
F Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
F Menjumlahkan bilangan yang mempunyai nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. ( penjumlahan tanpa teknik meminjam)
F Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
F Mengerjakan soal-soal latihan
F Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (IPS, Seni Budaya dan Keterampilan,
Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Diawali cerita guru tentang peristiwa yang menyenangkan., memotivasi siswa untuk mengingat kembali peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialaminya.
F Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi yang menguat dan melemah melalui tepukan atau gerakan.
F Memperhatikan sebuah puisi yang ditulis di papan tulis.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menceritakan pengalaman yang menyenangkan kepada teman atau guru dengan cara tidak formal ( antara guru – siswa ). Siswa duduk dengan cara berkelompok.
F Memberi tanggapan san sambutan positif bagi siswa yang berani menyampaikan ceritanya. Dan terus memotivasi bagi siswa yang masih malu
F Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi dengan teknik menguat dan melemah.
F Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dengan teknik menguat dan melamah.
F Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
F Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang dapat menguat dan melemah
F Mendeklamasikan/ membaca puisi tersebut dengan cara klasikal.
F Menyalin puisi denga tulisan tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
F Membaca kembali tulisan / salinan puisi tersebut agar dapat diperbaiki bila ada kesalahan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Melakukan tanya jawab dengan pemberian reeward.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
F Memberikan pujian sebagai motivasi bagi siswa yang telah aktif dalam kegiatan belajar.
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
· Alat Peraga :
F Aneka benda yang berbeda bentuk .
F Gambar anak yang sedang berada di rumah, di sekolah..
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Puisi anak yang ditulis/dicetak pada kertas untuk dibagikan.
F Alat musik sederhana rebana, bel, botol, gelas, sendok, dll.
F Gambar/ model alat pertanian, pertukangan, dan alat memasak.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. IPS : · Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain. · Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua / orang lain. 2. IPA : · Memperagakan cara menggerakkan benda · Menyebutkan bentuk gerak. · Menjelaskan penyebab gerak. · Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak. 3. PKN : · Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua. · Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan . · Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah. · Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan. 4. Matematika : · Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan. · Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan. · Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan · Penjumlahan bilangan secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan ) · Penjumlahan secara bersusun panjang. 5. Bahasa Indonesia : · Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru. · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan · Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Membaca kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain. 6. Seni Budaya dan Keterampilan. : · Menentukan sumber bunyi. · Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan. · Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan. | Tes lisan Tes tertulis | Uraian isian | 1. IPS : · Sebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain. · Sebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua / orang lain. 2. IPA : · Peragakan cara menggerakkan benda · Sebutkan bentuk gerak. · Jelaskan penyebab gerak. · Tunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak. 3. PKN : · Jelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua. · Ceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan . · Sebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah. · Beranikanlah bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan. 4. Matematika : · Tuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan. · Tentukan nilai tempat puluhan dan satuan. · Bagaimana cara menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan · Bagaimana cara Penjumlahan bilangan secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan ) · Bagaimana cara Penjumlahan secara bersusun panjang. 5. Bahasa Indonesia : · Bagaimana cara Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Jelaskanlah benda-benda lain dengan bimbingan guru. · Sebutkan tokoh dalam dongeng · Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Bagaimana cara Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan · Bagaimana cara Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai. · Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Bagaimana cara Membaca kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Bagaimana cara Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain. 6. Seni Budaya dan Keterampilan. : · Tentukan sumber bunyi. · Bedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan. · Bedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan. |
Bentuk Soal / LKS
IPS
Nama kelompok :
Anggota kelompok :
1. ...................
2. ...................
3. ...................
4. ...................
5. ...................
Ayo isi bersama-sama daftar di bawah ini, kalian boleh bertanya pada siapa saja !
Bertanyalah dengan sopan !
NO | Peristiwa menyenangkan | Peristiwa tidak menyenangkan |
1 | .................................... | ................................................. |
2 | .................................... | ................................................... |
3 | .................................... | ................................................... |
4 | .................................... | .................................................. |
5 | ................................... | .................................................. |
IPA
Setelah kalian melakukan percobaan sederhana, Ayo kalian isi bersama kelompokmu daftar di bawah ini !
No | Benda | Dapat bergerak bila |
1 | bola | digelindingkan |
2 | meja | ..................... |
3 | kursi | ..................... |
4 | botol | ..................... |
5 | mobil-mobilan | ..................... |
6 | kelereng | .................... |
7 | batu | ................... |
8 | ember | ................... |
9 | paku | ................... |
10 | buku | .................... |
Nama kelompok :
Anggota kelompok :
1...................
2...................
3...................
4...................
5...................
Latihan Matematika
Selesaikan soal di bawah ini dengan teliti.
I. Cari hasil penjumlahannya !
1. 21 + 13 = ...........
2. 22 + 21 = ..........
3. 31 + 12 =...........
4. 15 + 13 = .........
5. 25 + 12 = .........
6. 31 + 13 = ...........
7. 25 + 21 = ..........
8. 21 + 12 =...........
9. 25 + 13 = .........
10. 27 + 12 = .........
11. 24 27 23 33 13
21+ 21+ 15+ 14+ 31+
..... ..... ..... ...... .....
12. 25 24 33 31 15
11+ 11+ 14+ 13+ 21+
..... ..... ..... ...... .....
VII. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. | | | | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar