Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah.
2. IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
3. IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam
pemecahan masalah.
5. Bahasa Indonesia :
R Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara
lisan dengan gambar, percakapan sederhana
dan dongeng.
R Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan
membaca puisi anak.
R Menulis : Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung
melalui dikte dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Kerajinan:Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
· Mendeskripsikan letak rumah
2. IPA :
· Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
3. PKn :
· Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
4. Matematika :
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka.
5. Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
· Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar.
· Menyebutkan isi dongeng.
Berbicara
· Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
· Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat.
Membaca
· Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
· Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
· Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
· Memeragakan dinamik sederhana
· Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana. .
I. Tujuan Pembelajaran** :
Siswa dapat :
· Menggambar denah rumah sendiri
· Menjelaskan denah rumah sendiri.
· Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
· Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
· Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat.
· Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
· Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
· Melaksanakan piket sesuai dengan jadw
· Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
· Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
· Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
· Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
· Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan
· Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
· Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
· Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
· Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
· Menyebutkan tokoh dalam dongeng
· Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
· Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
· Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
· Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
· Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
· Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
· Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
· Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
· Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
· Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
· Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
· Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
· Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
· Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
· Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
· Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.
· Mendengarkan kakawihan yang dinyanyikan guru
· Mengikuti kakawihan yang dicontohkan guru.
· Menyanyikan kakawihan secara klasikal maupun individual.
· Menyanyikan kakawihan di hadapan siswa lain.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Tata tertib
· Denah rumah
· Energi listrik dan kegunaanya.
· Oprasi hitung bilangan.
· Deskripsi benda.
· Dongeng.
· Bermain peran
· Membaca nyaring.
· Menyalin kalimat
· Mel;engkapi kalimat.
· Kesesuaian gerak dan iringan lagu.
· Lagu anak dan lagu wajib..
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan terhadap model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
F Mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik.
F Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik.
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok.
F Melalui tanya jawab siswa menyebutkan tugas-tugas setiap anggota keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan pengamatan siswa membandingkan tugas anggota keluarga ( ayah, ibu dan anak.)
F Mengisi daftar tugas yang selalu dilaksanakan di rumah.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati benda yang ditunjukkan guru.
F Menyimak deskripsi yang disampaikan guru tentang benda tersebut.
F Dengan bimbingan guru murid dapat mendeskripsikan benda .
F Siswa mencari benda lain dan menyampaikan deskripsinya dengan bahasa sendiri.
F Melalui Contoh gambar denah ruangan ( rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah rumah sederhana.
F Dengan bimbingan guru siswa membuat denah rumah yang sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memajang hasil karya denah rumah.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak uraian deskripsi sebuah benda.
F Dengan uraian deskripsi guru, siswa dapat menyebutkan nama benda berdasarkan ciri-cirinya.
F Siswa menguraikan deskripsi benda dan siswa lain menyebutkan nama bendanya.
F Menyimak soal mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersusun pendek yang ditulis di papan tulis
F Melalui penjelasan guru siswa mengurang bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menegrjakan dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Menceri hasil pengurangan dengan cermat.
F Membahas salah satu contoh soal untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa.
F Secara bergiliran siswa mengerjakan di papan tulis.
F Melalui pengamatan terhadap model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
F Mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik.
F Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik.
F Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak dongeng yang bertemakan lingkungan.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan tokoh dalam dongeng.
F Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
F Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 di papan tulis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara individu mengerjakan soal 10 nomer pada buku latihan masing-masing.
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui Contoh gambar denah ruangan ( rumah ) siswa termotivasi untuk membuat denah rumah sederhana.
F Dengan bimbingan guru siswa membuat denah rumah yang sederhana.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali tokoh dan jalan ceritanya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan yang sesuai dengan tepukan
F Memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
F Setelah mendengarkan dongeng siswa menyebutkan tokoh dan sifat dari tokoh dongeng
F Memajang hasil karya denah rumah
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
· Memberi tanda bila kewajiban itu sudah dilaksanakan dengan baik.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10.
F Melalui penjelasan dan pengamatan siswa menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan kegunaan dari energi matahari, energi listrik, dan energi panas.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas.
F Melalui cerita, guru memberikan motivasi kepada siswa agar menceritakan tugas yang pernah dilaksanakan sebagai murid.
F Melalui penjelasan guru, siswa menyebutkan beberapa contoh kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang murid.
F Menuliskan kewajiban-kewajiban seorang murid di SD Assalaam Bandung.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberi tanda bila kewajiban itu sudah dilaksanakan dengan baik.
F Mendengarkan dongeng untuk mengingatkan kembali tokoh dan jalan ceritanya.
F Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan denah rumah yang telah selesai dibuat.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan tanya jawab tentang isi cerita dalam dongeng.
F Menceritakan isi dongeng dengan bahasa sendiri.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana.
F Melalui penjelasan dan pengamatan siswa menyebutkan emergi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
F Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
F Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
F Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
F Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
F Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis.
F Menyebutkan kegunaan dari energi matahari, energi listrik, dan energi panas.
F Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok.
F Melaporkan hasil diskusi sedrhana di depan kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan pembagian peran untuk tiap kelompok.
F Mendengarkan sebuah dongeng yang dibacakan guru.
F Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
F Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis.
F Menyebutkan nama tokoh-tokoh yang berperan dalam dongeng tersebut.
F Bermain peran dengan percaya diri sesuai dengan tokoh yang dibawakannya.
F Menampilkan cerita dongeng dengan peran masing-masing.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperhatikan teks pendek ( wacana pendek) yang ditulis di papan tulis.
F Menyimak penjelasan guru tentang cara membaca dan melafalkan wacana tersebut.
F Membaca teks pendek dengan intonasi yang baik dengan bimbingan guru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
F Melakukan tanya jawab tentang isi dari teks pendek tersebut
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (SBK, B Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando.
F Menyanyikna lagu sesuai dengan dinamik.
F Membaca sebuah teks dengan memperhatikan tanda jeda panjang dan jeda pendek dengan benar.
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui tempat jeda.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Secara berkelompok, individu, dan kalsikal menyanyikan lagu dengan baik.
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Memperagakan tanda jeda panjang dan pendek
F Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan denah rumah yang telah selesai dibuat.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menyimak soal cerita sedrhana yang disampaikanguru.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi siswa menyebutkan tenaga alternatif sebagai pengganti tenaga listrik.
F Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok.
F Melakukan tanya jawab.
F Sebagai bukti siswa mempunyai kewajiban di sekolah, siswa melaksanakan tugas piket.
F Melakukan pembagian tugas tiap kelompok piket sesuai dengan jadwal piket nya.
F Melakukan piket dengan kerjasama yang baik.
F Menunjuk salah satu siswa dari tiap kelompok piket untuk dijadikan pemimpinnya.
F Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks penggalan cerita tersebut dengan suara nyaring
F Membaca penggalan cerita dengan memperhatikan intonasi dan pelafalan dengan benar.
F Membaca penggalan cerita secara klasikal, kelompok, maupun individual
F Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan denah rumah yang telah selesai dibuat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan teks penggalam cerita yang telah tersedia.
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
F Menyimak soal cerita sederhana yang disampaikan guru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan 10 soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca wacana dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat.
F Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring
F Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya ( sesuai tema )
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperhatikan tek/wacana yang telah disediakan.
F Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri.
F Menyimak soal cerita sedrhana yang disampaikanguru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
F Melalui diskusi siswa menyebutkan tenaga alternatif sebagai pengganti tenaga listrik.
F Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok.
F Melakukan tanya jawab.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung yang benar dengan memperhatikan huruf kapital yang tepat.
F Memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada papan tulis
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf lepas dengan bentuk huruf yang benar.
F Menyimak soal cerita sedrhana yang disampaikanguru.
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Mengerjakan soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, B.Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjawab / menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan cara penyelesaiannya/ kalimat matematikanya.
F Melalui bimbingan guru, siswa berlatih menulis tegak bersambung yang benar dengan memperhatikan huruf kapital yang tepat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal latihan
F Membahas salah satu soal bersama-sama untuk melihat kemampuan siswa.
F Menuliskan dengan cara tatap tulis dari kalimat-kalimat yang disediakan guru ke dalam tulisan tegak bersambung .
F Memperhatikan beberapa kalimat yang disediakan guru pada papan tulis
F Menuliskan seluruh kalimat dari papan tulis ke dalam buku tulis dengan tulisan lepas.
F Berlatih dengan bimbingan guru menulis huruf lepas dengan bentuk huruf yang benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 4 x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, B.
Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.
F Membaca tulisan sendiri dari kalimat-kalimat yang telah didiktekan
F Dengan bimbingan guru, siswa secara bergiliran menjelaskan denah rumah yang telah selesai dibuat.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
F Menyimak kalimat yang didiktekan guru
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung
F Melakukan tanya jawab tentang denah rumah.
F Memberikan tanggapan positif untuk siswa yang menjelaskan denah hasil karyanya di depan kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
· Alat Peraga :
F Gambar denah rumah .
F gambar benda/ alat rumah tangga yang menggunakan listrik..
F Kartu huruf
F Kartu bilangan.
F Gambar atau model langsung dari alat rumah tangga yang tidak menggunakan listrik.
F harmonika.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. IPS : · Menggambar denah rumah sendiri · Menjelaskan denah rumah sendiri. 2. IPA : · Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik · Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. · Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat. 3. PKn : · Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga. · Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah. · Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal. 4. Matematika : · Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek. · Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10. · Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10. · Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan · Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan 5. Bahasa Indonesia : · Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru. · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru. · Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. 6. Seni Budaya dan Keterampilan : · Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan. · Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu. · Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando · Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya. · Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan. | Tes lisan Tes tertulis | Uraian isian | 1. IPS : · Gambarkanlah denah rumah sendiri · Jelaskan denah rumah sendiri. 2. IPA : · Sebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik · Sebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. · Sebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat. 3. PKn : · Bandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga. · Jelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah. · Laksanakanlah piket sesuai dengan jadwal. 4. Matematika : · Bagaimana cara mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek. · Bagaimana cara mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10. · Bagaimana cara mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10. · Selesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan · Bagaimana cara memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan 5. Bahasa Indonesia : · Jelaskanlah meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Tentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Jelaskanlah benda-benda lain dengan bimbingan guru. · Sebutkan tokoh dalam dongeng · Jelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Ceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Lakukanlah percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru. · Bagaimana cara Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya. · Bagaimana cara Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Bagaimana cara Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Bagaimana cara Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Bagaimana cara Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Bagaimana cara Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Bagaimana cara Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Bagaimana cara Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. 6. Seni Budaya dan Keterampilan : · Tunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan. · Tunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu. · Tunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando · Nyanyikanlah lagu sesuai dengan tanda dinamiknya. · Bagaimana cara mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan. |
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota : ........................
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No | Peatalatan menggunakan listrik | Peralatan tidak menggunakan listrik |
1 | | |
2 | | |
3 | | |
4 | | |
5 | | |
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda | R |
Pakaian | |
Celana | |
Handuk | |
TV | |
Kasur | |
Topi | |
Lemari es | |
Komputer | |
Tas | |
VII. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. | | | | | | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar