Here to share knowledge, information and entertainment. I believe only the smart people who can take advantage of this opportunity. May be useful, and don’t forget to leave your comments and suggestions to build this page. Thank you d^_^b

Sabtu, 04 Agustus 2012

TEMA KESEHATAN

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik



Nama Sekolah     : ...........................
Kelas / Semester : 2 (Dua) / 2 (Dua)
Tema                   : Kesehatan
Waktu                 : 2 Minggu

Standar Kompetensi

B. Indonesia

Mendengarkan
     Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
     Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dengan bercerita.
     Memahami wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
     Menyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi.

IPA

      Memahami peristiwa alam danpengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
 IPS
     Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

Kompetensi Dasar

B. Indonesia

     Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain
     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
     Membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang tepat.
     Meyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi.

IPA

     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
     Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga

A.    Tujuan Pembelajaran**

B. Indonesia

  • Siswa dapat mencatat isi pesan tentang kesehatan
  • Dapat menjelaskan cirri-ciri binatang secara rinci
  • Siswa dapat membaca teks dengan intonasi yang baik dan benar
  • Siswa dapat menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung
  • Siswa dapat membuat karangan dibantu dengan gambar yang sudah disediakan

IPA

  • Siswa dapat menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari bagi kehidupan manusia
  • Dapat menguraikan pengaruh yang timbul dari cahaya matahari pada manusia
  • Memperagakan alat yang dapat menghindari dari pengaruh buruk sinar matahari
IPS
  • Dapat menyebutkan beberapa contoh cara memelihara lingkungan
  • Dapat mengungkapkan pengalaman tentang cara membersihkan lingkungan sekitar
  • Dapat mempraktekan cara bekerja sama tentang memelihara dan membersihkan lingkungan

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

B.     Materi Ajar (Materi Pokok)

     Membaca dan menulis kalimat sederhana
     Sumber energi dan kegunaannya
     Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam danlingkungan di bumi
     Kebersihan lingkungan di sekitar rumah

C.    Metoda Pembelajaran
     Ceramah, latihan, demontrasi, pemberian tugas, Tanya jawab.

D.    langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal

Apresepsi/ Motivasi :
     Berdo’a, mengabsen, mengkondisikan anak, mengatur tempat duduk
     Pre test

Kegiatan Inti

             Minggu ke I.  (B. Indonesia, IPS, Matematika)  3 x 35’
      Pertemuan Pertama
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat mencatat isi pesan yang bertemakan kesehatan.
F Menjelaskan beberapa contoh tentang memelihara lingkungan dan dapat mengungkapkan pengalaman tentang cara membersihkan lingkungan sekitar  dengan cara bekerjasama

       Pertemuan Kedua  ( B. Indonesia, IPA, Matematika) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks dengan intonasi dan pelapalan yang benar serta dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
F Melalui penjelasan guru tentang kegunaan panas dan cahaya matahari diharapkan siswa dapat menyebutkan kegunaan sinar matahari seperti : untuk mengeringkan pakaian.

      Pertemuan Ketiga (B. Indonesia, Matematika) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah menyimak bacaan diharapkan siswa dapat menyempurnakan kalimat, dapat menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi bacaan
F Melalui penjelasan guru tentang cara penulisan hurup kapital yang benar seperti nama orang, nama kota, awal kalimat, diharapkan siswa dapat menerapkannya dalam penulisan atau menyalin kalimat.

Pertemuan Keempat (B. Indonesia) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mempraktekkancara kerjasama dalam memelihara dan membersihkan lingkungan sekitar
F Menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.

Pertemuan Kelima (B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dan menyusun kalimat
F Melaluipenjelasan guru mengenai cara menyusun karangan  sederhana diharapkan siswa mampu menuangkannya dalam tulisan yang baik dan benar.

Pertemuan Keenam (B. Indonesia, IPA)  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengaruh yang timbul dari sinar matahari diantaranya yaitu jika badan terus menerus terkena sinar matahari maka akan menjadi hitam, jika melihat matahari langsung maka akan merusak mata. Untuk menghindari ini semua maka perlu menggunakan pelindung seperti paying, kacamata dan yang lainnya.
F Membuat sebuah karangan yang dibantu dengan gambar untuk memeudahkan anak dalam berkarya.

Minggu ke 2
Pertemuan ke pertama (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan dan menyimak penjelasan guru yaitu menulis dengan menggunakan huruf kapital.
F Siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru yaitu menulis kalimat dengan menggunakan huruf kapital dan huruf sambung.
F Siswa menyusun kalimat acak menjadi kalimat yang sempurna
F Guru menjelaskan tentang keadaan lingkungan alam dan buatan
F Siswa mendengarkan, menyimak dan menanggapi penjelasan guru melanjutkan materi sebelumnya.
F Siswa memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar rumah baik secara lisan maupun tertulis.

Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan ke materi berikutnya.
F Siswa menulis karangan pendek dengan melanjutkan cerita yang sudah disediakan.
F Siswa membacakan hasil karangannya didepan kelas untuk ditanggapi.
F Guru menugaskan siswa untuk menceritakan pengalamannya membersihkan lingkungan di sekitar rumah
F Siswa menceritakan secara lisan pengalamannya membersihkan lingkungan disekitar rumah

Pertemuan keempat (IPA) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan materi tentang kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari melanjutkan materi sebelumnya.
F Siswa menyimak dan menanggapi penjelasan guru
F Siswa menyebutkan kegunaan panas, dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia dan makhluk hidup lainnya
F Siswa menyebutkan akibat atau pengaruh yang ditimbulkan dari panas dan cahaya matahari serta memperagakan cara menghindarinya.

Pertemuan kelima (B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan materi yang akan disampaikan yaitu memperagakan percakapan.
F Siswa memperagakan percakapan didepan kelas dengan tema kesehatan.
F Siswa menyebutkan tokoh dalam teks percakapan tersebut.
F Siswa menjawab pertanyaan teks percakapan tersebut.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Akhir

Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Tanya jawab
F Kesimpulan
F Tes tertulis

E.     Alat dan Sumber Belajar
     Buku panduan B. Indonesia, Sains, IPS,.
     Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar
     Alat peraga

F.     Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
B. Indonesia
  • Mencatat isi pesan
  • Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci  (nama cirri khasnya, suaranya, dimana hidupnya) dengan pilihan kata kalimat runtut
  • Membaca teks dengan intonasi yang tepat dengan nada yang nyaring.
  • Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat
  • Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan
IPA
  • Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyebutkan pngaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia
  • Memperagakan cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya tidak menatap matahari secara langsung

IPS

  • Memberi contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam sekitar
  • Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah


tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio
B. Indonesia
  • Bagaimana cara mencatat isi pesan
  • Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci  (nama cirri khasnya, suaranya, dimana hidupnya) dengan pilihan kata kalimat runtut
  • Jelaskanlah cara membaca teks dengan intonasi yang tepat dengan nada yang nyaring.
  • Jelaskanlah cara Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat
  • Jelaskanlah cara Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan
IPA
  • Jelaskanlah kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
  • Sebutkan pngaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia
  • Peragakan cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya tidak menatap matahari secara langsung

IPS

  • Sebutkanlah contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam sekitar
  • Ceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah
·         LKS, Lembar observasi
VI. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar