Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
· Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
· Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Rupa : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
- Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar :
1. PKn
- Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2. IPS
- Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya
- Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
· Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)
· Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
- Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda ( plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu.
4. Matematika
· Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan.
5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
· Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
· Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Menekpresikan diri melalui gambar ekpresif
- Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal.
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
· Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah.
· Menjelaskan arti tolong menolong.
· Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
· Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.
· Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi
· Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga
· Membaca dokumen dengan benar.
· Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.
· Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
· Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
· Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan
· Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
· Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
· Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
· Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.
· Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.
· Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan.
· Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan
· Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu.
· Mengidentifikasi perubahan benda cair setelah dipanaskan
· Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan.
· Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain.
- Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan pada bilangan bilangan
· Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
· Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
· Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya
· Menguraikan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan.
· Menentukan nilai tempat satu angka pada bilangan 3 angka
· Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan
· Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
· Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
· Menyimak cerita bacaan pendek.
· Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
· Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
· Menceritakan kegiatan
· Memberi tanggapan pada kegiatan
· Menyusun gambar
· Menceritakan gambar yang telah urut.
· Menjawab pertanyaan
· Menceritakan peristiwa.
· Membaca teks dengan bersuara
· Mengajukan pertanyaan bacaan.
· Menceritakan kembali isi bacaan.
· Meringkas isi bacaan.
· Menyusun kalimat menjadi cerita.
· Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
· Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
· Menulis pengalaman sendiri
· Menyusun kata menjadi kalimat
· Membuat kalimat.
· Membuat gambar ekpresi
· Memajang hasil karya gambar ekpresi.
· Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
· Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami.
· Mencetak dengan teknik lipatan.
· Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
· Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
· Melakukan gerakan tari secara berkelompok
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Hidup gotong royong.
· Dokumen pribadi dan keluarga
· Peristiwa penting.
· Manfaat dokumen.
· Bagian utama tumbuhan dan hewan
· Sifat benda
· Perubahan wujud benda
· Bilangan 1 – 500
· Nilai tempat.
· Mengurutkan bilangan.
· Mendengarkan teks pendek.
· Percakapan
· Melengkapi kalimat.
· Menulis pengalaman
· Menulis kaliamt dengan huruf indah
· Membuat kalimat.
· Unsur rupa
· Gerak alam semesta.
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
F Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
F Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
F Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan.
F Guru dapat menjelaskan melalui peragaannya dapat menentukan nilai tempat puluhan
F Dari hasil penjelasan guru siswa mampu menentukan nilai tempat satuan
F Siswa dapat menyampaikan pesan pendek dengan cara dibisikkan melalui teman.
F Siswa dapat mendengarkan teks pendek dan mampu menyampaikannya pada orang lain.
F Dari hasil penjelasan guru, siswa mampu menyimak cerita bacaan pendek.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara menentukan nilai tempat ratusan.
F Siswa memperlihatkan cara menentukan nilai tempat puluhan.
F Dengan memperhatikan guru, siswa menentukan nilai tempat satuan, puluhan dan ratusan.
F Denagn penjelasan guru siswa dapat menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
F Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi.
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pemberian tugas siswa dapat menulis lambang bilangan ratusan.
F Siswa diberi tugas untuk menulis lambang bilangan puluhan.
F Guru memberi contoh menulis lmbang bilangan satuan.
F Melalui cerita yang dibacakan guru siswa dapat menceritakan isi teks bacaan secara lisan.
F Berdasarkan keterbatasan kemampuan siswa mampu menceritakan isi teks bacaan dengan cara dibacakan langsung dengan melihat buku.
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit. ( B. Indonesia,IPA, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari hasil penjelasan guru tentang sebuah kegiatan siswa memahami tentang kegiatan di sekolah.
F Dengan ketelitiannya siswa mampu membedakan antara kegiatan di sekolah dengan kegiatan di rumah.
F Melalui penjelasan guru siswa menjelaskan arti tumbuhan
F Guru menjelaskan tentang arti hewan kepada siswa dengan jelas.
F Guru menjelaskan cara hidup bergotong royong di lingkungan sekitar.
F Siswa mampu menyebutkan contoh cara hidup bergotong royong.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari hasil penjelasan guru siswa dapat memberikan tanggapan pada sebuah kegiatan yang dilakukan di sekolah.
F Dengan penjelasan guru siswa dapat memebrikan tanggapan pada kegiatan yang dilakukan di rumah.
F Dengan ketelitiannya siswa mampu menyebutkan beberapa jenis dokumen keluarga.
F Guru menjelaskan cara menguraikan lambang bilangan ratusan, puluhan dan satuan.
F Siswa dapat mengerjakan tugasnya dengan menguraikan lambang bilangan ratusan dengan puluhan.
F Dengan ketelitiannya siswa mampu menguraikan lambang bilangan puluhan dan satuan.
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru siswa mampu menguraikan bilangan 3 angka.
F Guru menjelaskan cara menguraikan bilangan 2 angka.
F Melalui pengamatan siswa dapat memahami arti tumbuh
F Melalui percobaan sederhana siswa dapat memahami arti tumbuh.
F Melalui contoh yang disampaikan oleh guru siswa dapat membuat gambar ekspresi dengan baik.
F Dari hasil karya yang dibuatnya siswa memajangkan gambar dengan baik.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara menguraikan bilangan 3 angka yang terdiri dari ratusan.
F Siswa memahami penjelasan guru mengenai bilangan 2 angka yang terdiri dari puluhan.
F Melalui percakapan siswa bertanya kepada teman sebangkunya.
F Dari hasil percakapan yang disampaikan guru, siswa dapat bertanya kepada orang lain.
F Dengan menggunakan pilihan katanya , siswa dapat berbicara dengan orang yang lebih tua.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Sisawa mampu menguraikan bilangan 3 angka yang terdiri dari ratusan, puluhan dan satuan.
F Siswa mampu menguraikan bilangan 2 angka yang terdiri dari puluhan dan satuan.
F Dengan bahasa yang santun siswa dapat mengucapkan pembicaraan kepada temannya.
F Dengan contoh yang disampaikan guru siswa dapat menyusun sebuah gambar dengan baik.
F Melalui latihan yang dicontohkan guru , siswa dapat membaca dokumen pribadi dengan benar.
F Dengan keberaniannya siswa dapat membaca dokumen keluarga dengan sesuai gambar.
Pertemuan ke tiga a 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dari penjelasan guru siswa dapat menentukan niali temapt.
F Guru menjelaskan cara menentukan niali tempat pada salah satu angka dengan benar.
F Dari hasil percakapan dengan guru dan teman-teman menceritakan gambar yang tidak berurut.
F Dengan mengerjakan secara bersama siswa dapat mengurutkan gambar dengan tersusun dan mampu menceritakannya..
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit (B. Indonesia, PKn, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara berbahasa dengan baik dan benar.
F Siswa dapat menjawab pertanyaan dari cerita sebuah peristiwa yang disampaikan guru.
F Melalui pengamatan siswa dapat memahami proses pertumbuhan pada tumbuhan.
F Dengan penjelasan guru siswa mampu menyebutkan proses pertumbuhan pada hewan.
F Dengan keberaniannya siswa menyebutkan cara hidup bergotong royong di sekolah.
F Siswa dilatih untuk melakukan cara berbagi dengan teman sekelas.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan menceritakan kegiatan , siswa menjawab pertanyaan dengan jelas dari ceritanya.
F Siswa disuruh untuk menyimpulkan isi teks sampai 10 kalimat.
F Melalui latihan secara bersama-sama siswa dapat membaca dokumen dengan benar.
F Guru menyuruh siswa untuk membaca latihan cara membaca dokumen dengan benar secara sendiri-sendiri.
F Guru menjelaskan nilai tempat dengan penguraian bilangan satu angka pada bilangan 2 anka.
F Guru memberikan contoh nilai tempat dengan penguraian bilangan satu angka pada bilangan 2 angka.
F Guru memberikan contoh nilai tempat dengan penguraian bilangan dua angka.
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit (Matematika, SBK, IPA )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menentukan nilai tempat dua angka pada bilangan 3 angka.
F Dari penjelasan guru siswa mampu menentukan nilai tempat 3 angka pada bilangan 3 angka.
F Dengan pengamatan secara bersama siswa dapat memehami arti hewan.
F Guru memberi contoh melalui percobaan sederhana sehingga siswa memahami arti hewan.
F Dengan teknik cetak yang dicontohkan guru siswa dapat membuat hasil karya seni rupa dengan bahan alam.
F Siswa mampu membuat karya seni rupa dan teknik cetak tunggal dengan bahan alami.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Iswa dapat menentukan nilai tempat yang dicontohkan guru melalui permainan.
F Guru memberi tugas untuk menyimpulkan isi teks pendek 15 kalimat.
F Siswa mampu membaca teks pendek dengan susra yang nyaring dan penggunaan intonasi yang tepat.
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mampu mengulang cara menentukan nilai tempat yang telah disampaikan guru dengan teliti.
F Melalui permainan dengan teman sekelas siswa dapat menentukan nilai tempat dengan tepat.
F Dengan contoh yang disampaikan guru, siswa mampu menulis karangan pendek dengan baik dan benar.
F Dari hasil karangan pendek yang dibuat siswa mampu juga siswa memperhatikan tanda titiknya yang benar.
F Siswa disuruh untuk menceritakan peristiwa penting melalui pengalaman yang pernah dialaminya.
F Melalui penjelasan dan contoh yang disampaikan guru siswa dapat menceritakan peristiwa penting tentang dirinya.
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan pada sustu bilangan dengan permainannya yang membuat siswa tertarik sehingga memahami.
F Dengan melengkapi cerita sederhana siswa menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah.
F Siswa mampu menuliskan pengalaman sendiri dengan jelas dan teliti.
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit (B.Indonesia, IPA, PKn)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan menulis pengalaman sendiri siswa melakukannya dengan menggunakan huruf sambung.
F Siswa berusaha menyusun kata menjadi sebuah kalimat yang benar dan baik.
F Melalui pengamatan siswa melakukan percobaan dengan model diskusi yang sedrehana sehingga memahami sifat benda.
F Melalui percobaan siswa membuktikan perbedaan sifat benada padat dan benda cair.
F Siswa menyebutkan contoh tolong menolong di rumah dengan kegiatan yang dilakukan dalam sehari-hari.
F Dengan pengalaman yang pernah dialaminya siswa menyebutkan contoh tolong menolong di lingkungan tetangga.
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan siswa melakukan permainan dengan menentukan nilai tempat suatu bilangan.
F Siswa berusaha menulis pengalaman sendiri dengan huruf tegak bersambung dan tanda titik yang tepat.
F Siswa melakukan penyusunan kalimat menjadi sebuah kalimat uyang terbaca dengan tepat.
F Melalui peristiwa penting siswa menceritakan pengalaman dalam keluarga.
F Siswa dapat membedakan antara cerita dalam keluarga dengan cerita dalam diri sendiri dari hasil pengalamannya.
Pertemuan ke enam 3 x 35 menit (Matematika, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan permainan berupa perlombaan antar kelompok siswa dengan semangat menjawab nilai tempat dengan benar.
F Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa membuktikan perubahan benda padat dan cair.
F Dengan benda padat dan cair yang dipanaskan dan didinginkan siwa mengidentifikasi perubahan benda padat dan cair dengan teliti dan hati-hati.
F Siswa melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan kelinci yang sedang melompoat secara langsung.
F Siswa melakukan gerakan tari secara berkelompok dengan melompat dan mengikuti gerakan kupu-kupu terbang.
F Siswa melakukan gerakan tarian seekor burung yang sedang mengepakkan sayapnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2, Penerbit Erlangga
F Buku Sains SD Kelas 21, Penerbit Erlangga
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 21 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Penerbit Erlangga.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Erlangga
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Grafindo.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2, Penerbit Geugeur Sunten.
· Alat Peraga :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar tanaman dan binatang.
F Lembar puisi.
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. PKn : · Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah. · Menjelaskan arti tolong menolong. · Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah. · Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah. 2. IPS : · Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi · Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga · Membaca dokumen dengan benar. · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga. 3. IPA : · Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan. · Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan · Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan · Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan. · Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu. · Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman. · Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair. · Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair. · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan. · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu. · Mengidentifikasi perubahan benda cair setelah dipanaskan · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan. · Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain. 4. Matematika :
· Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan · Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan · Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya · Menguraikan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan. · Menentukan nilai tempat satu angka pada bilangan 3 angka · Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan 5. Bahasa Indonesia : · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Menyimak cerita bacaan pendek. · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. · Menceritakan kegiatan · Memberi tanggapan pada kegiatan · Menyusun gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Menjawab pertanyaan · Menceritakan peristiwa. · Membaca teks dengan bersuara · Mengajukan pertanyaan bacaan. · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menulis pengalaman sendiri · Menyusun kata menjadi kalimat · Membuat kalimat. 6 Seni Budaya dan Keterampilan : · Membuat gambar ekpresi · Memajang hasil karya gambar ekpresi. · Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. · Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami. · Mencetak dengan teknik lipatan. · Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan. · Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang. · Melakukan gerakan tari secara berkelompok | Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | 1. PKn : · Sebutkan contoh saling berbagi di sekolah. · Jelaskan arti tolong menolong. · Sebutkan contoh tolong menolong di rumah. · Sebutkan contoh tolong menolong di sekolah. 2. IPS : · Sebutkan jenis-jenis dokumen pribadi · Sebutkan jenis-jenis dokumen keluarga · Bacakanlah dokumen dengan benar. · Ceritakan peristiwa penting dalam keluarga. 3. IPA : · Jelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan. · Sebutkan perubahan yang terjadi pada hewan · Selaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan · Praktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan. · Ceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu. · Ceritakan proses pertumbuhan pada tanaman. · Sebutkan perbedaan benda padat dan benda cair. · Lakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair. · Jelaskanlah perubahan benda padat setelah dipanaskan. · Jelaskanlah perubahan benda padat setelah didinginkan · Jelaskanlah perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu. · Jelaskanlah perubahan benda cair setelah dipanaskan · Jelaskanlah identifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan. · Jelaskanlah perubahan benda padat menjadi benda lain. 4. Matematika :
· Tentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan · Tuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan · Tentukan lambang bilangan menurut nilai tempatnya · Tentukan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan. · Tentukan nilai tempat satu angka pada bilangan 3 angka · Tentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan 5. Bahasa Indonesia : · Sampaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Simakkanlah cerita bacaan pendek. · Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Jawabkanlah pertanyaan bacaan secara lisan. · Ceritakan kegiatan · Berikanlah tanggapan pada kegiatan · Susunkanlah gambar · Ceritakan gambar yang telah urut. · Jawabkanlah pertanyaan · Ceritakan peristiwa. · Bacakanlah teks dengan bersuara · Ceritakan kembali isi bacaan. · Ringkaskanlah isi bacaan. · Susunkanlah kalimat menjadi cerita. · Tuliskanlah karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Tuliskanlah kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Tuliskanlah pengalaman sendiri · Susunkanlah kata menjadi kalimat · Buatkanlah kalimat. 6 Seni Budaya dan Keterampilan : · Buatkanlah gambar ekpresi · Buatkanlah karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. · Buatkanlah karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami. · Bagaimana cara Mencetak dengan teknik lipatan. · Lakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan. · Lakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang. · Lakukan gerakan tari secara berkelompok · LKS · Lmbar observasi. |
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No | Peatalatan menggunakan listrik | Peralatan tidak menggunakan listrik |
1 | | |
2 | | |
3 | | |
4 | | |
5 | | |
6 | | |
7 | | |
8 | | |
9 | | |
10 | | |
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda | R |
Pakaian | |
Celana | |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar