Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Hiburan
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
· Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
· Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Musik : Mengapresiasi karya seni musik
Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
- Seni Tari : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Kompetensi Dasar :
1. PKn
· Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
- Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
2. IPS
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
· Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
.3. IPA
· Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
· Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
· Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.
.4. Matematika
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
· Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
· Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
· Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
- Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.
I. Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat :
· Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
· Melaksanakan piket di kelas.
· Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik.
· Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah.
· Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
· Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah.
· Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak.
· Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit.
· Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
· Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
· Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.
· Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
· Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
· Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
· Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
· Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan
· Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
· Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
· Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.
· Menyelesaikan soal hitung campuran .
· Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
· Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
· Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
· Menyimak cerita bacaan pendek.
· Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
· Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
· Menceritakan kegiatan
· Memberi tanggapan pada kegiatan
· Menyusun gambar
· Menceritakan gambar yang telah urut.
· Menjawab pertanyaan
· Menceritakan peristiwa.
· Membaca teks dengan bersuara
· Mengajukan pertanyaan bacaan.
· Menceritakan kembali isi bacaan.
· Meringkas isi bacaan.
· Menyusun kalimat menjadi cerita.
· Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
· Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
· Menulis pengalaman sendiri
· Menyusun kata menjadi kalimat
· Membuat kalimat.
· Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
· Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik
· Menentukan sumber bunyi .
· Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
· Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
· Mendefinisikan nada.
· Mendefinisikan irama.
· Membedakan nada dan irama.]
· Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
· Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Hidup gotong royong.
· Dokumen pribadi dan keluarga
· Peristiwa penting.
· Manfaat dokumen.
· Bagian utama tumbuhan dan hewan
· Sifat benda
· Perubahan wujud benda
· Oprasi bilangan
· Nilai tempat.
· Mengurutkan bilangan.
· Mendengarkan teks pendek.
· Percakapan
· Melengkapi kalimat.
· Menulis pengalaman
· Menulis kalimat dengan huruf indah
· Unsur musik
· Gerakan tari sesuai iringan.
· Kawih.
· Maca wacana kakawihan.
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Dengan penjelasan guru tentang permainan bisik pesan, siswa dapat mendenganrkan teks pendek yang dibisikkan oleh teman.
F Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit ( Matematika,IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Melalui pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi, siswa dapat menyebutkan barang-barang koleksi yang dimiliki keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbol +, - , dan = dalam pengerjaan hitung bilangan.
F Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan guru sehingga siswa dapat menceritakan kembali isi teks yang dibacakan guru dengan lisan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan dan cerita yang disampaikan guru, siswa mampu menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menjawab pertanyaan pada cerita yang disampaikan teman.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan diskusi sehingga siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui demontrasi , cerita dan penjelasan guru yang berhubungan dengan cerita bergambar sehingga siswa mampu menyusun gambar dan menceritakan gambar yang berurutan dengan kalimat yang sedrhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan pengamatan langsung yang ditugaskan guru, siswa mampu menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga.
F Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana sehingga siswa mampu mengidentifikasi buah yang berbiji banyak.
F Dengan penjelasan guru tentang pengerjaan hitung bilangan, siswa mampu mengubah kalimat pengurangan ke dalam bentuk penjumlahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, I. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan sehingga siswa mampu menghitung penjumlahan pada bilangan tanpa teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan, cerita dan demontrasi siswa mampu menceritakan gambar dengan urut dan kalimat sederhana.
F Melalui peragaan yang didemontrasikan guru tentang musik, siswa mampu menentukan sumber bunyi.
F Mampu membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
F Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang didengarkan..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang penjumlahan siswa mampu menghitung penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan mendengarkan cerita guru, siswa dapat menjawab pertanyaan dan menceritakan peristiwa kepada teman.
F Dengan penjelasan gurudan memberi contoh hariring, sehingga siswa mampu menyanyikan kakawihan secara individu maupun klasikal.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit (Matematika, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan yang ditugaskan guru yang berhubungan dengan koleksi keluarga, siswa mampu menyebutkan jenis koleksi keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan dan mendemontrasikan tentang penjumlahan melalui soal cerita , siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga a 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui peragaan / contoh dari guru sehingga siswa mampu membacakan teks dengan bersuara lantang dan benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian contoh dan penjelasan guru yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan siswa dapat menyelesaikan sosl cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit (B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan mendengarkan teks yang dibacakan guru, siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan kemudian menceritakan dan meringkas isi bacaan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan diskusi siswa mampu membuat daftar kegiatan pembagian tugas di sekolah , kemudian melaksankananya pada piket di kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang cara melengkapi kalimat sehingga siswa mampu menyusun kalimat menjadi cerita yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan langsung yang ditugaskan guru sehingga siswa mampu menyebutkan koleksi barang keluarga dan cara merawatnya
F Malalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa mampun membuat daftar data tentang buah yang berbiji banyak dan berbiji sedikit .
F Dengan penjelasan dan pemberian contoh dari guru, siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pemberian contoh dan penjelasan guru, yang berhubungan dengan pengurangan, siswa mampu menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek.
F Dengan penjelasan guru yang berhubungan dengan karangan pendek, siswa mampu menuliskan karangan pendek dengan membubuhi tanda titik.
F Melalui pengamatan dan demontrasi siswa dapat mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
F Melalui pengamatan yang berhubungan dengan seni musik siswa mampu mendefinisikan nada, mendefinisikan irama, membedakan nada dan irama.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 3
Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan pemberian contoh yang berhubungan dengan pengurangan siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam.
F Melalui contoh guru, tentang cara melengkapi kalimat siswa mampu menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit (Matematika, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui penjelasan guru dan pemberian contoh, tentang pengurangan , siswa mampu menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam dengan bersusun panjang.
F Melalui pengalaman siswa yang pernah dialami, siswa mampu menceritakan pengalaman peristiwa yang menyenangkan di rumah secara kronologis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan peragaan dan penjelasan guru tentang pengurangan , siswa mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.
F Melalui contoh dan penjelasan guru tentang penulisan cerita sederhana sehingga siswa mampu menuliskan pengalaman sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit (B.Indonesia, PKn)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat, siswa mampu menyusun kata menjadi kalimat dengan benar.
F Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf sambung.
F Melalui penjelasan guru, pengamatan dan melakukan langsung, sehingga siswa mampu menjelaskan cara merawat tumbuhan dan hewan peliharaan di rumah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat yang benar, siswa mampu melihat kalimat dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.
F Melalui pengalamn yang dialami , siswa menceritakan perististiwa yang menyenangkan di sekolah.
F Melalui pengamatan dan penjelasan guru, siswa mampu mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
F Dengan pemberian contoh dan penjelasan guru tentang penjelasan dan pengurangan, siswa mampu menghitung/ menyelesaikan soal hitung campuran.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru tentang penulisan kalimat sedehana yang didiktekan guru, siswa mampu menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperjhatikan huruf kapital dan tanda titik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui peragaan dan penjelasan guru tentang penjumlahan dan pengurangan , siswa dapat menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
F Melalui penjelasan guru dan diskusi sederhana , siswa mampu menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan sekitar kelas.
F Dengan peragaan dan contoh dari guru tentang gerakan tari spontan , siswa dapat memperagakan gerakan tari yang sesuai antara gerakan dan iringan.
F Siswa memperagakan gerakan berpindah tempat , melenggang, melangkah, dan melompat.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
· Alat Peraga :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar tanaman dan binatang
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. PKn : · Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah. · Melaksanakan piket di kelas. · Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik. · Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah. 2. IPS : · Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga. · Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah. 3. IPA : · Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak. · Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit. · Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. · Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar. · Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas. 4. Matematika : · Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan. · Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan. · Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan · Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam. · Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan. · Menyelesaikan soal hitung campuran . · Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. 5. Bahasa Indonesia : · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Menyimak cerita bacaan pendek. · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. · Menceritakan kegiatan · Memberi tanggapan pada kegiatan · Menyusun gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Menjawab pertanyaan · Menceritakan peristiwa. · Membaca teks dengan bersuara · Mengajukan pertanyaan bacaan. · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menulis pengalaman sendiri · Menyusun kata menjadi kalimat · Membuat kalimat. · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik 6 Seni Budaya dan Keterampilan : · Menentukan sumber bunyi . · Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan. · Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan. · Mendefinisikan nada. · Mendefinisikan irama. · Membedakan nada dan irama.] · Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan · Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang. | Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | 1. PKn : · Buatkanlah daftar kegiatan pembagian tugas di rumah. · Laksanakanlah piket di kelas. · Jelaskanlah cara merawat tumbuhan dengan baik. · Jelaskanlah cara merawat hewan peliharaan di rumah. 2. IPS : · Sebutkan jenis koleksi barang keluarga. · Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah. 3. IPA : · Jelaskanlah buah yang berbiji banyak. · Jelaskanlah buah yang berbiji sedikit. · Kelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. · Kelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar. · Sebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas. 4. Matematika : · Bacakanlah symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Gunakanlah symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Gubahkanlah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan. · Jumlahkanlah bilangan tanpa teknik menyimpan. · Jumlahkanlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan. · Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan · Gurangkan bilangan tanpa teknik meminjam. · Gurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam. · Selesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan. · Selesaikan soal hitung campuran . · Selesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. 5. Bahasa Indonesia : · Dengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Sempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Simakanlah cerita bacaan pendek. · Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Jawabkanlah pertanyaan bacaan secara lisan. · Ceritakan kegiatan · Berikanlah tanggapan pada kegiatan · Susunkanlah gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Ceritakan peristiwa. · Bacakanlah teks dengan bersuara · Gajukan pertanyaan bacaan. · Ceritakan kembali isi bacaan. · Ringkaskanlah isi bacaan. · susunkanlah kalimat menjadi cerita. · Tuliskanlah karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Tuliskanlah kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Tuliskanlah pengalaman sendiri · Susunkanlah kata menjadi kalimat · Buatkanlah kalimat. · Salinkanlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Tuliskanlah kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik 6 Seni Budaya dan Keterampilan : · Tentukan sumber bunyi . · Bedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan. · Tunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan. · Jelaskanlah nada. · Jelaskanlah irama. · Membedakan nada dan irama.] · Tunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan · Tunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang. · LKS · Lmbar observasi. |
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No | Peatalatan menggunakan listrik | Peralatan tidak menggunakan listrik |
1 | ||
2 | ||
3 | ||
4 | ||
5 | ||
6 | ||
7 | ||
8 | ||
9 | ||
10 |
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda | R |
Pakaian | |
Celana | |
Handuk | |
TV | |
Kasur | |
Topi | |
Lemari es | |
Komputer | |
Tas |
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar