Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
· Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
· Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
· Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
· Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis
· Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Musik : Mengekpresikan diri melalui karya seni musik.
- Seni Tari : Mengekspresikan diri melalui karya seni tari .
Kompetensi Dasar :
1. PKn
· Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
· Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
2. IPS
- Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
.3. IPA
· Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
4. Matematika
· Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
5. Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
- Menceritakan kegiatan sehari-hari
· Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
· Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
· Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6. Seni Budaya Keterampilan.
- Mengungkapkan perasaan yang dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
- Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
- Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari
I. Tujuan Pembelajaran****:
Siswa dapat :
· Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah.
· Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
· Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
· Mengeidentifikasi lingkungan alam
· Mengidentifikasi lingkungan buatan
· Menceritakan lingkunganalam sekitar.
· Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
· Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga
· Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
· Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
· Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
· Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
· Membaca jam digital
· Membuat gambar jam dan
menentukan letak jarum jam
· Mengatur letak jarum jam
· Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
· Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
· Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
· Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
· Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru
· Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
· Mendengarkan lagu.
· Menyanyikan lagu
· Menceritakan gambar berseri.
· Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
· Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang.
· Membaca teks dengan bersuara.
· Meringkas isi bacaan.
· Menyusun kalimat menjadi cerita.
· Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
· Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
· Menggunakan huruf capital.
· Membedakan bunyi alam dan bautan.
· Menyebutkan sumber bunyi alam.
· Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
· Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Hidup gotong royong.
· Dokumen pribadi dan keluarga
· Peristiwa penting.
· Manfaat dokumen.
· Bagian utama tumbuhan dan hewan
· Sifat benda
· Perubahan wujud benda
· Alat ukur waktu
· Mendengarkan teks pendek.
· Percakapan
· Melengkapi kalimat.
· Menulis pengalaman
· Menulis kalimat dengan huruf indah
· Gerakan meniru alam
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu ke 1
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang waktu diharapakan siswa dapat membaca dan menunjukkan waktu tepat dan setengah
F Guru membacakan pesan pendek diharapkan siswa dapat menceritakan kembali isi cerita tersebut dengan kalaimat sendiri
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit ( Matematika,IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam.
F Dengan penjelasan guru tentang pentingnya memelihara dokumen diri dan keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca jam digital dengan benar.
F Mendengarkan dan menyanyikan lagu, menyusun kalimat berdasarkan gambar dengan kalimat sederhana.
F Mendemontrasikan atau memperagakan percakapan dengan kalimat ajakan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang ciri-ciri binatng di harapkan siswa depat menjawab teka-teki tumbuhan dan binatang.
F Melalui penjelasan guru tentang hidup rukun siswa dapat menyebutkan contoh hidup rukun kemudian mendiskusikannya dengan teman sehingga dapat direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit ( B.Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca teks dengan bersuara kemudian menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita teks tersebut.
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat memberikan contoh dokumen diri dan keluarga seperti raport, akte kelahiran, surat nikah.
F Guru menjelaskan bagian-bagian utama tumbuhan dan hewan..
F Membuat gambar jam serta menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menulis tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam .
F Menceritakan dan meringkas isi bacaan.
F Melalui percobaan dan pengamatan siswa dapat menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
F Melalui penjelasan guru tentang bunyi alam dan buatan diharapkan siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan serta menyebutkan seumber bunyi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat menggunakan jam dalam kegiatan sehari-hari.
F Menyusun kalimat menjadi cerita yang runtut ditulis dalam bentuk tulisan yang indah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 2 x 35 menit (Matematika, IPS )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa dapat membaca waktu yang ditunjukkan oleh alam.
F Melalui penjelasan guru tentang manfaat dan cara memelihara dokumen , merawat serta menjaga koleksi diharapkan siswa dapat mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan siswa dapat membaca waktu yang dtunjukkan oleh alam .
F Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda baca titik, dan bentuk huruf yang indah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit (B. Indonesia, PKn )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menulis pengalam sendiri dengan menggunakn huruf tegak bersambung.
F Menyususn kata menjadi kalimat .
Contoh : membaca – ayah – koran – sedang .
Ayah sedang membaca koran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui diskusi kelompok diharapkan siswa dapat mengidentifikasin lingkungan alam dan buatan serta menceritakan lingkungan sekitar.
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 4 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, IPA, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru untuk mengelompokkan tumbuhan berdasarkan bunganya.
F Menjelaskan tentang lama waktu kegiatan dalam salah satuan jam.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membuat kalimat dengan menggunakan huruf kapital , dengan tulisan yang dapat terbaca oleh orang lain.
F Mendiskusikan cara memelihara koleksi barang keluarga dan dokumen.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 5 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPA, SBK )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan tentang lama waktu kegiatan dalam satuan jam ( 1 jam = 60 menit , 1 menit = 60 detik )
F Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung , memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
F Gerakan tari meniru alam seperti pmemperagakan proses kembangnya tanaman.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mendiskusikan bagian-bagian utama tumbuhan berdasarkan bunganya.
F Siswa dapat memperagakan gerak tari sesuai dengan tingkat kesulitannya.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
F Buku Pengetahuan sosial SD kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Sains SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 2SD , Penerbit Buku relevanPratama
F Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan
F Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 2 Penerbit Buku relevan.
F Buku Piwulang Basa SD Kelas 2 Penerbit Buku relevan.
· Alat Peraga :
F Kartu bilangan
F Contoh benda cair, benda padat.
F Gambar tanaman dan binatang
F Contoh akte , kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. PKn : · Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah. · Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah.. · Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah · Mengeidentifikasi lingkungan alam · Mengidentifikasi lingkungan buatan · Menceritakan lingkunganalam sekitar. 2. IPS : · Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga. · Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga 3. IPA : · Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan · Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya 4. Matematika : · Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat. · Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah · Membaca jam digital · Membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam · Mengatur letak jarum jam · Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam · Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari. · Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam. · Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam. 5. Bahasa Indonesia : · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Mendengarkan lagu. · Menyanyikan lagu · Menceritakan gambar berseri. · Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang · Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang. · Membaca teks dengan bersuara. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menggunakan huruf capital. 6. Seni Budaya dan Keterampilan : · Membedakan bunyi alam dan bautan. · Menyebutkan sumber bunyi alam. · Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan · Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman. | Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | 1. PKn : · Sebutkanlah contoh hidup rukun di rumah. · Sebutkanlah contoh hidup rukun di sekolah.. · Sebutkanlah contoh saling berbagi di rumah · Jelaskanlah lingkungan alam · Jelaskanlah lingkungan buatan · Ceritakanlah lingkunganalam sekitar. 2. IPS : · Jelaskanlah pentingnya memlihara koleksi barang keluarga. · Ceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga 3. IPA : · Tunjukkan bagian utama pada tumbuhan · Keglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya 4. Matematika : · Bacakanlah jam yang menunjukkan waktu tepat. · Bacakanlah jam yang menunjukkan waktu setengah · Bacakanlah jam digital · Membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam · Tuliskanlah tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam · Gunakan jam dalam kehidupan sehari-hari. · Tunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam. · Jelaskanlah lama waktu kegiatan dalam satuan jam. 5. Bahasa Indonesia : · Jawablah pesan teks pendek yang dibacakan guru · Ceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Nyanyikan lagu · Ceritakan gambar berseri. · Jelaskanlah cirri-ciri tumbuhan dan binatang · Jawablah teka-teki tentang tumbuhan dan binatang. · Bacakanlah teks dengan bersuara. · Ringkaslah isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Tuliskanlah kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Salinlah kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Gunakan huruf capital. 6. Seni Budaya dan Keterampilan : · Bedakan bunyi alam dan bautan. · Sebutkan sumber bunyi alam. · Kelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan · Jelaskanlah dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman. · LKS · Lmbar observasi. |
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok : .......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No | Peatalatan menggunakan listrik | Peralatan tidak menggunakan listrik |
1 | | |
2 | | |
3 | | |
4 | | |
5 | | |
Matahari dapat mengeringkan benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda | R |
Pakaian | |
Celana | |
Handuk | |
TV | |
Kasur | |
Topi | |
Lemari es | |
Komputer | |
Tas | |
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar