Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Peristiwa
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
A. Standar Kompetensi
B. Indonesia
¨ Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
¨ Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
¨ Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
¨ Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
IPS
¨ Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
IPA
¨ Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
¨ Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
SBK
¨ Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air.
B. Kompetensi Dasar
B. Indonesia
¨ Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
¨ Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
¨ Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
¨ Menyebutkan isi teks agak panjang (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
¨ Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
IPS
¨ Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
¨ Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
¨ Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.
IPA
¨ Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
¨ Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
¨ Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
SBK
¨ Berkreasi dengan cat warna.
C. Tujuan Pembelajaran**
B. Indonesia
¨ Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
¨ Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
¨ Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
¨ Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
IPS
¨ Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
¨ Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
¨ Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
IPA
¨ Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
¨ Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
¨ Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
¨ Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
SBK
¨ Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
¨ Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D. Materi Pokok
¨ Teks berisi pesan pendek.
¨ Bercerita tentang dongeng.
¨ Menceritakan yang didengarkan.
¨ Teks panjang 20 – 25 kalimat.
¨ Puisi menggunakan huruf sambung.
¨ Dokumen diri dan keluarga.
¨ Pengalamam diri sendiri dan keluarga
¨ Lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
¨ Sumber energi dan kegunaannya
¨ Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
¨ Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
¨ Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan
E. Metode Pembelajaran
¨ Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.
F. Langkah-langkah pembelajaran
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
· Merapikan siswa, mengatue tempat duduk, berdo’a dan mengabsen (mengkondisikan anak).
· Test awal pelajaran (pre test).
Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA, IPS) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan melalui penjelasan guru siswa dapat menyampaikan pesan pendek yang didengarkan orang lain.
F Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
F Menunjukkan dokumen diri dan keluarganya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPA, IPS) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan tentang pesan, siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
F Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, IPS) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan guru dan menyampaikan pertanyaan sesuai isi cerita.
F Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen.
F Menulis dan membuat kalimat sederhana.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPA) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan penjelasan guru kemudian mencatat isi pesan yang didengarkan
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Tugas portofolio, mengkliping gambar alat rumah tangga elektronik (perorangan / perkelompok)
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan cerita guru kemudian menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa menyampaikan cerita sesuai dengan pengalaman masing-masing.
F Mengidentifikasi bahan-bahan pembuatan cat warna dari bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu Ke II
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah mendengarkan cerita guru, siswa dapat menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
F Membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan membaca dalam hati, siswa dapat menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah mendengarkan cerita guru siswa dapat membaca lancar dengan intonasi yang benar.
F Melalui penjelasan guru, siswa mengaplikasikan bahan cat warna dari bahan alami.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu Ke III
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPA). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru siswa menulis/mencatat pesan pendek yang disampaikan orang lain.
F Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kedua (B. Indonesia, IPS). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menulis pengalaman yang berhubungan dengan peristiwa (ulang tahun, mendapat adik baru).
F Melalui penjelasan guru dan pengamatan gambar lingkungan alam sekitar, siswa mampu menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ketiga (B. Indonesia). 2 x 35
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keempat (B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru , siswa mampu mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan kelima (B. Indonesia, SBK) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru, siswa membacakan puisi dengan intonasi yang sesuai dengan isi puisi.
F Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa mendemontrasikan cara pembuatan / mengkombinasikan cat warna dari bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
F Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alami.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Pada setiap akhir kegiatan belajar mengajar diadakan test akhir pelajaran / post test baik dengan Tanya jawab maupun dengan tertulis.
G. Alat dan Sumber Belajar
F Alat peraga
F Buku panduan Bahasa Indonesia, Sains, IPS, SBK,
F Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar
H. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
B. Indonesia · Mencatat isi pesan. · Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat. · Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain. · Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan. · Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. · Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang . · Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati. · Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan) IPS· Menunjukkan dokumen diri dan keluarga. · Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte). · Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. · Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. · Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga. · Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. IPA· Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga. · Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya. · Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. · Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari). · Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk. · Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. · Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia. SBK· Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan. | Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | B. Indonesia · Bagaimana cara mencatat isi pesan. · Bagaimana cara Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat. · Bagaimana cara menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain. · Bagaimana cara menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan. · Ceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. · Bacakanlah lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang . · Jelaskanlah isi teks yang telah dibaca dalam hati. · Bagaimana cara Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan) IPS· Tunjukkan dokumen diri dan keluarga. · Ceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte). · Jelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. · Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. · Sebutkanlah pengalaman diri sendiri dan keluarga. · Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. IPA· Bagaimana cara Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga. · Tunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya. · Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. · Ceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari). · Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk. · Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. · Sebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia. SBK· Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan. · LKS · Lmbar observasi. |
I. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar