Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Budi Pekerti
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
· Mendengarkan : memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
· Berbicara : mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda
· Menulis : menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
PKN
· Memahami sikap demokratis
· Menampilkan nilai-nilai pancasila.
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
· Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
· Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
· Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung.
PKN
· Mengenal kegiatan bermusyawarah
· Menghargai suara terbanyak.
· Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
· Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
I. Tujuan Pembelajaran**
PKN
· Memahami dan membiasakan melakukan sikap demokratis dalam kehidupan sehari-hari.
· Memahami dan menampilkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
· Membiasakan untuk bersikap lapang dada, jujur, disiplin, dan senang bekerja.
· Merasakan manfaat hidup penuh dengan nilai-nilai pancasila, misalnya berperilaku jujur, disiplin, lapang dada dan senang bekerja.
Bahasa Indonesia
· Memahami sebuah isi pesan yang didengar kemudian dicatat dan disampaikan kembali kepada orang lain baik lisan maupuntulisan.
· Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung.
· Membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.Materi Pelajaran
PKN
· Musyawarah.
· Menghargai pendapat orang lain dan hasilkeputusan bersama.
· Sikap lapang dada.
· Nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja.
Bahasa Indonesia
· Menyampaikan pesan pendek.
· Menyalin kalimat.
· Menulis karangan / puisi.
III. Metode Ajar ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
Demontasi
Penugasan
Kuis
Tanya jawab
PKN
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Pembiasaan
IV.Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I (Bahasa Indonesia, PKN). 5 x 35’
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Membaca do’a dan mengabsen siswa, merapihkan tempat duduk.
F Menginformasikan materi yang akan disampaikan.
- Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membacakan cerita yang bertemakan musyawarah kemudian menceritakan secara global.
F Guru mendiktekan isi pesan.
F Siswa mendengarkan dan mengucapkan isi pesan yang didiktekan guru.
F Siswa mencatat isi pesan yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
F Guru memeriksa dan menilai pekerjaan siswa.
F Guru atau murid membacakan sebuah cerita dengan nyaring dan lancar dengan memperhatikan tanda baca.
Bahasa Indonesia
F Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
F Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
F Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa menjawab pertanyaan bacaan baik lisan maupun tulisan.
F Siswa ditugasi mendiskusikan suatu permasalahan secara berkelompok untuk diminta suatu keputusan atas kesepakatan bersama.
F Siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
F Guru mengambil sebuah kesimpulan dari hasil diskusi sebagai penguatan.
F Siswa membaca secara bergilir dengan tema yang berhubungan dengan budi pekerti dan dibacakan lancar serta nyaring.
F Mengambil intisari dari bacaan tersebut dengan melakukan Tanya jawab yang berhubungan dengan bacaan tersebut.
F Guru membacakan dan menyanyikan kakawihan yang bertemakan budi pekerti dan siswa menirukannya.
F Siswa dapat mengambil intisari dari isi kakawihan tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Penilaian pekerjaan siswa secara tertulis.
F Tanya jawab materi yang telah disampaikan.
F Pemberian tugas (PR, Portofolio).
Pertemuan kedua (B. Indonesia, PKN). 5 x 35 ‘
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Membaca do’a dan mengabsen siswa.
F Merapihkan tempat duduk.
F Mengadakan pre test materi yang telah disampaikan.
- Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru membagi beberapa kelompok (5 orang /kelompok).
F Siswa maju ke depan untuk menerima pesan beraantai dari guru.
F Siswa menuliskan pesan tersebut (dilakukan sampai habis kelompok).
F Guru memberikan kesimpulan sebagai penguatan dan melakukan penilaian.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru mengadakan sebuah diskusi untuk membicarakan sesuatu (tema ditentukan).
F Siswa mengikuti diskus tersebut dengan harapan belajar membiasakan menghargai pendapat orang lain dan menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan suara terbanyak dalam suatu diskusi.
F Guru menyimpulkan hasil diskusi sebagai penguatan.
F Siswa membacakan sebuah dongeng dengan lancar dan memperhatikan intonasi yang benar.
F Tanya jawab sekitar dongeng yang dibacakan untuk diambil intisari yang baik dari lakon, cerita dan karakter dalam dongeng tersebut.
F Siswa ditugaskan untuk membuat dongeng atau mencari dongeng dari berbagai media lain.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Penilaian hasil kerja siswa baik per kelompok maupun perorangan.
F Pemberian tugas dan portofolio.
Pertemuan ketiga
- Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
F Berdo’a dan mengabsen siswa.
F Bercerita yang ada hubungan dengan materi yang akan diajarkan.
- Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menulis kalimat dengan menggunakan huruf cetak.
F Siswa menyalin kalimat tersebut kedalam huruf tegak bersambung.
F Penilaian hasil pekerjaan siswa dengan memperhatikan hurup besar dan tanda baca.
F Bercerita yang ada hubungan dengan sikap lapang dada.
F Siswa menanggapi dari cerita tersebut dengan bertanya jawab untuk mengungkapkan pendapatnya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja berikut contoh-contohnya.
F Menceritakan akibat yang dirasakan dari sikap-sikap yang dilandasi dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
F Mengisi skala sikap yang diberikan guru.
F Guru memberikan contoh cara memperkenalkan diri.
F Siswa mempraktekan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F Siswa membuat percakapan dengan cara memperkenalkan teman dengan bahasa sendiri.
F Guru menilai hasil kerja siswa.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
- Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
F Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
F Memberikan tugas atau PR
V. Alat dan Sumber belajar
F Alat peraga
F Buku panduan Bahasa Indonesia, PKN.
F Buku sumber lain yang dapat menunjang proses belajar mengajar.
F Lingkungan sekitar
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Bahasa Indonesia
PKN
| tertulis, lisan, perbuatan | isian,essay, skala sikap, portofolio | · Salin ke dalam hurup sambung - Ibu guru sedang menasehati murid kelas dua. - Ayah dan ibu sangat menyayangi kita, dst. - Apa pendapatmu tentang karakter tokoh dalam cerita itu. - Sikap menerima, tabah, dan sabar disebut sikap…….,dst. - Arman : “ Di, abdi gaduh rerencangan”. Dodi : “ saha namina ?. Arman : “ sok wae dodi kenalan nyalira”. Dodi : “………………….”. Arman : “…………………..”. |
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar