Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Kegemaran
Kelas/Semester : II / 2
Alokasi Waktu : 3 minggu
A. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
· Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati.
· Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
IIPS
· Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
KTK
· Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi kedalam karya seni rupa.
· Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
· Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman kepekaan indrawi.
· Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
- Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
- Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
IIPS
- Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
KTK
- Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
- Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
- Mengekpresikan diri dengan menanpilkan gerak tari.
- Berkreasi dengan cat warna.
C. Tujuan Pembelajaran**
Bahasa Indonesia
· Siswa dapat meniknati kegiatan membaca
· Siswa dapat memilih bacaan yang disenangi.
· Siswa dapat menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
· Siswa dapat menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang
Keluarga.
KTK
- Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif
- Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
- Siswa dapat melakukan tepuk bervariasi.
- Siswa dapat memainkan alat musik sederhana.
- Siswa dapat memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
- Siswa dapat melakukan gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
- Siswa dapat melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
- Siswa dapat melakukan tarian pendek secara perorangan.
- Siswa dapat mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
D. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
- lafal dan intonasi yang tepat.
- sederhana dengan bahasa tulis.
IIPS
- kedudukan dan peran anggota keluarga.
KTK
· diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
· diri dengan penampilan musik.
· diri dengan menanpilkan gerak tari.
· an cat warna.
E. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
F. .Langkah-langkah Pembelajaran
Ø Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
- Mengisi daftar kelas, berdo’a, menyiapkan materi.
- Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
- Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu.
Ø Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPS). 6 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menerangkan cara membacakan teks dengan memperhatikan intonasi yang tepat.
F Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
F Guru menyuruh siswa mempraktekan cara membacakan teks yang tepat.
IPS
F Guru menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang.
F Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa mengenai cara memelihara dokumen atau koleksi.
F Guru menyuruh siswa menulisksn cara memelihara dokumen atau koleksi barang.
Pertemuan kedua (B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menyuruh siswa menyimak percakapan
F Siswa memerankan percakapan dengan teman.
F Guru memperhatikan siswa yang sedang memerankan percakapan itu.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, SBK)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Bahasa Indonesia
F Guru menjelaskan cara mengucapkan kata atau kalimat yang tepat.
F Siswa dapat mengucapkan kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Siswa menuliskan kata atau kalimat yang diucapkan.
SBK
F Guru menjelaskan cara membuat gambar cetak ekpresi dari bahan alam.
F Guru membagikan kertas untuk membuat cetakan dari bahan alam pelepah pisang, pelepah talas, belimbing dan cat air.
F Pertemuan keempat (B. Indonesia)
F Guru memberi contoh cara melengkapi kalimat dengan kata Tanya.
F Siswa dapat membuat kalimat Tanya dengan kata Tanya apa atau siapa.
F Siswa melakukan Tanya jawab dengan temannya.
Pertemuan kelima (B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa melengkapi cerita berdasarkan gambar.
F Siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan gambar.
F Guru membagikan tugas untuk dilengkapi di rumah
Pertemuan keenam (B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menulis kalimat dengan tulisan cetak.
F Siswa menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
F Siswa membacakan kalimat yang ditulisnya.
Minggu ke II
Pertemuan pertama (IPS, B. Indonesia). 6 x 35’
IPS
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa membawa foto keluarga.
F Siswa menempelkan foto keluarga pada kertas HVS.
F Siswa menyebutkan nama-nama yang ada pada foto keluarga.
B. Indonesia
F Guru membacakan sebuah cerita yang disenangi oleh anak.
F Siswa memperhatikan dengan baik.
F Guru memberikan soal yang isinya harus sesuai dengan cerita tadi.
Pertemuan kedua ( B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh cara membacakan syair lagu.
F Siswa menulis syair lagu.
F Siswa mempraktekan membaca syair lagu.
Pertemuan ketiga ( B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru mnjelaskan cara menyempurnakan kalimat.
F Guru menyuruh siswa mengerjakan soal.
F Siswa menyempurnakan kalimat dengan memilih kata yang tepat.
Pertemuan keempat. ( B. Indonesia)
Bahasa Indonesia
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan pesan dari guru.
F Guru memberikan tugas membuat pesan pendek.
F Siswa membacakan pesan pendek secara bergiliran.
Pertemuan kelima (B. Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan tugas mengerjakan suatu kegiatan
F Siswa menuliskan kegiatan sendiri.
F Siswa mengucapkan kegiatan sendiri dengan lapal dan intonasi yang tepat.
Pertemuan keenam (SBK, Bahasa Indonesia).
SBK
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa memebawa alat musik yang sederhana.
F Guru memberikan contoh cara memainkan alat musik.
F Siswa mempraktekan membunyikan alat musik dengan benar.
B. Indonesia
F Guru menyuruh siswa memperagakan suatu kegiatan.
F Guru memberikan contoh kegiatan di depan.
F Siswa memperagakan kegiatan di depan kelas.
Minggu ke III
Pertemuan pertama (Bahasa Indonesia, IPS)
IPS
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa membawa akte kelahiran.
F Siswa memperhatikan contoh akte kelahiran.
F Siswa menulis contoh akte kelahiran ke dalam buku tulis.
F Bahasa Indonesia
F Guru menempelkan gambar cara menanam bunga di depan kelas.
F Guru menjelaskan gambar tersebut.
F Siswa menceritakan gambar dalam beberapa kalimat.
Pertemuan kedua (Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara membuat pertanyaan.
F Guru memberikan soal membuat pertanyaan.
F Siswa mengerjakan membuat pertanyaan yang sesuai dengan jawaban.
Pertemuan ketiga (Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara membuat karangan.
F Siswa memilih judul karangan.
F Siswa menulis sebuah karangan dengan baik.
Pertemuan keempat (B. Indonesia).
Bahasa Indonesia
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa memilih buku cerita.
F Siswa memilih kumpulan dongeng.
F Siswa menulis data buku yang dibaca.
Pertemuan kelima (Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru mengelompokkan siswa kedalam lima kelompok.
F Guru menjelaskan cara menyampaikan pesan berantai.
F Siswa melakukan pesan berantai dengan kelompoknya masing-masing.
Pertemuan keenam (SBK, B. Indonesia)
SBK
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh cara menari yang baik.
F Siswa memperhatikan guru dengan baik.
F Siswa mempraktekan sebuah tarian yang sesuai dengan musik.
Bahasa Indonesia
F Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
F Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
F Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Ø kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F guru mengajukan pertanyaan materi yang diajarkan.
F siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan.
F guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan.
G. Alat dan Sumber belajar
Sumber belajar
F Bina bahasa dan sastra Indonesia.
F Pendidikan kewarga negaraan dan pengetahuan social.
F Terampil dan kreatif.
F Piwulang Basa.
Alat peraga
F Gambar tumbuhan atau binatang.
F Pelepah pisang, pelepah talas, belimbing (cetakan)
F terompet, suling, pianika (musik).
F foto keluarga, akte kelahiran.
F lagu kakawihan.
H. VII. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
Bahasa Indonesia
IIPS
KTK
| Tes lisan Tes tertulis | uraian isian | Bahasa Indonesia · Jelaskanlah tentang kegiatan membaca. · Memilih bacaan yang disenangi contoknya ..... · Tuliskanlah karangan tentang kegiatan cara menanam bunga. IPS · Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. KTK · Buatkanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif. · Buatkanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami. · Jelaskanlah tepuk bervariasi. · Sebutkanlah memainkan alat musik sederhana. · Bagaimana cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar. · Bagaimana cara Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan. · Bagaimana cara Melakukan tari denganiringan musik / tepuk. · Bagaimana cara Melakukan tarian pendek secara perorangan. · Bagaimana cara Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam. · Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan. · LKS · Lmbar observasi. |
v Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10 | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar