Here to share knowledge, information and entertainment. I believe only the smart people who can take advantage of this opportunity. May be useful, and don’t forget to leave your comments and suggestions to build this page. Thank you d^_^b

Sabtu, 04 Agustus 2012

TEMA KEGEMARAN

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik
 

Nama Sekolah     :  .................................
Tema                    :  Kegemaran
Kelas/Semester    :  II / 2
Alokasi Waktu     : 3 minggu

A.    Standar Kompetensi
      Bahasa Indonesia
·        Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati.
·        Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
IIPS
·        Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
KTK
·        Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi kedalam karya seni rupa.
·        Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
·        Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure-unsur gerak tari melalui pengalaman kepekaan indrawi.
·        Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.

B.     Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
  • Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
IIPS
  • Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
KTK
  • Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
  • Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
  • Mengekpresikan diri dengan menanpilkan gerak tari.
  • Berkreasi dengan cat warna.

C.    Tujuan Pembelajaran**
Bahasa Indonesia
·        Siswa dapat meniknati kegiatan membaca
·        Siswa dapat memilih bacaan yang disenangi.
·        Siswa dapat menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
·        Siswa dapat menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang     
      Keluarga.
KTK
  • Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif
  • Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
  • Siswa dapat melakukan tepuk bervariasi.
  • Siswa dapat memainkan alat musik sederhana.
  • Siswa dapat memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
  • Siswa dapat melakukan gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
  • Siswa dapat melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
  • Siswa dapat melakukan tarian pendek secara perorangan.
  • Siswa dapat mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

D.    Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
Bahasa Indonesia
  • lafal dan intonasi yang tepat.
  • sederhana dengan bahasa tulis.
IIPS
  • kedudukan dan peran anggota keluarga.
KTK
·        diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·        diri dengan penampilan musik.
·        diri dengan menanpilkan gerak tari.
·        an cat warna.


E.     Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

F.     .Langkah-langkah Pembelajaran
Ø  Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
  • Mengisi daftar kelas, berdo’a, menyiapkan materi.
  • Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
  • Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu.
Ø  Kegiatan inti

Minggu ke I

Pertemuan pertama (B. Indonesia, IPS). 6 x 35’

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Bahasa Indonesia

F Guru menerangkan cara membacakan teks dengan memperhatikan intonasi yang tepat.
F Siswa mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
F Guru menyuruh siswa mempraktekan cara membacakan teks yang tepat.

IPS

F Guru menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang.
F Guru melakukan Tanya jawab dengan siswa mengenai cara memelihara dokumen atau koleksi.
F Guru menyuruh siswa menulisksn cara memelihara dokumen atau koleksi barang.

Pertemuan kedua (B. Indonesia)
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

            Bahasa Indonesia

F Guru menyuruh siswa menyimak percakapan
F Siswa memerankan percakapan dengan teman.
F Guru memperhatikan siswa yang sedang memerankan percakapan itu.

Pertemuan ketiga (B. Indonesia, SBK)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

Bahasa Indonesia

F Guru menjelaskan cara mengucapkan kata atau kalimat yang tepat.
F Siswa dapat mengucapkan kata atau kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
F Siswa menuliskan kata atau kalimat yang diucapkan.

SBK

F Guru menjelaskan cara membuat gambar cetak ekpresi dari bahan alam.
F Guru membagikan kertas untuk membuat cetakan dari bahan alam pelepah pisang, pelepah talas, belimbing dan cat air.
F Pertemuan keempat (B. Indonesia)
F Guru memberi contoh cara melengkapi kalimat dengan kata Tanya.
F Siswa dapat membuat kalimat Tanya dengan kata Tanya apa atau siapa.
F Siswa melakukan Tanya jawab dengan temannya.

Pertemuan kelima (B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa melengkapi cerita berdasarkan gambar.
F Siswa dapat melengkapi cerita berdasarkan gambar.
F Guru membagikan tugas untuk dilengkapi di rumah

Pertemuan keenam (B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menulis kalimat dengan tulisan cetak.
F Siswa menyalin kalimat dengan tulisan tegak bersambung.
F Siswa membacakan kalimat yang ditulisnya.

Minggu ke II

Pertemuan pertama (IPS, B. Indonesia). 6 x 35’

IPS
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa membawa foto keluarga.
F Siswa menempelkan foto keluarga pada kertas HVS.
F Siswa menyebutkan nama-nama yang ada pada foto keluarga.

B. Indonesia

F Guru membacakan sebuah cerita yang disenangi oleh anak.
F Siswa memperhatikan dengan baik.
F Guru memberikan soal yang isinya harus sesuai dengan cerita tadi.

Pertemuan kedua ( B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh cara membacakan syair lagu.
F Siswa menulis syair lagu.
F Siswa mempraktekan membaca syair lagu.
Pertemuan ketiga ( B. Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru mnjelaskan cara menyempurnakan kalimat.
F Guru menyuruh siswa mengerjakan soal.
F Siswa menyempurnakan kalimat dengan memilih kata yang tepat.
  
   Pertemuan keempat. ( B. Indonesia)

Bahasa Indonesia

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa mendengarkan pesan dari guru.
F Guru memberikan tugas membuat pesan pendek.
F Siswa membacakan pesan pendek secara bergiliran.

Pertemuan kelima (B. Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan tugas mengerjakan suatu kegiatan
F Siswa menuliskan kegiatan sendiri.
F Siswa mengucapkan kegiatan sendiri dengan lapal dan intonasi yang tepat.

Pertemuan keenam (SBK, Bahasa Indonesia).

SBK

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa memebawa alat musik yang sederhana.
F Guru memberikan contoh cara memainkan alat musik.
F Siswa mempraktekan membunyikan alat musik dengan benar.

B. Indonesia

F Guru menyuruh siswa memperagakan suatu kegiatan.
F Guru memberikan contoh kegiatan di depan.
F Siswa memperagakan kegiatan di depan kelas.

Minggu ke III
Pertemuan pertama (Bahasa Indonesia, IPS)

IPS

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa membawa akte kelahiran.
F Siswa memperhatikan contoh akte kelahiran.
F Siswa menulis contoh akte kelahiran ke dalam buku tulis.
F Bahasa Indonesia
F Guru menempelkan gambar cara menanam bunga di depan kelas.
F Guru menjelaskan gambar tersebut.
F Siswa menceritakan gambar dalam beberapa kalimat.
     
Pertemuan kedua (Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara membuat pertanyaan.
F Guru memberikan soal membuat pertanyaan.
F Siswa mengerjakan membuat pertanyaan yang sesuai dengan jawaban.

Pertemuan ketiga (Bahasa Indonesia).
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara membuat karangan.
F Siswa memilih judul karangan.
F Siswa menulis sebuah karangan dengan baik.

Pertemuan keempat (B. Indonesia).

Bahasa Indonesia

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menyuruh siswa memilih buku cerita.
F Siswa memilih kumpulan dongeng.
F Siswa menulis data buku yang dibaca.

Pertemuan kelima (Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru mengelompokkan siswa kedalam lima kelompok.
F Guru menjelaskan cara menyampaikan pesan berantai.
F Siswa melakukan pesan berantai dengan kelompoknya masing-masing.

Pertemuan keenam (SBK, B. Indonesia)

SBK

§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru memberikan contoh cara menari yang baik.
F Siswa memperhatikan guru dengan baik.
F Siswa mempraktekan sebuah tarian yang sesuai dengan musik.

Bahasa Indonesia

F Guru memberikan contoh cara menyusun kalimat
F Guru menyuruh siswa kedepan mengerjakan soal.
F Siswa menulis soal menyusun kalimat dengan baik.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Ø  kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F guru mengajukan pertanyaan materi yang diajarkan.
F siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan.
F guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan.

G.    Alat dan Sumber belajar
Sumber belajar
F Bina bahasa dan sastra Indonesia.
F Pendidikan kewarga negaraan dan pengetahuan social.
F Terampil dan kreatif.
F Piwulang Basa.

Alat peraga
F Gambar tumbuhan atau binatang.
F Pelepah pisang, pelepah talas, belimbing (cetakan)
F terompet, suling, pianika (musik).
F foto keluarga, akte kelahiran.
F lagu kakawihan.


H.    VII. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Bahasa Indonesia
  • Menikmati kegiatan membaca.
  • Memilih bacaan yang disenangi.
  • Menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IIPS
  • Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
KTK
  • Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
  • Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
  • Melakukan tepuk bervariasi.
  • Memainkan alat musik sederhana.
  • Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
  • Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
  • Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
  • Melakukan tarian pendek secara perorangan.
  • Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
  • Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.


Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
 Bahasa Indonesia
·   Jelaskanlah tentang  kegiatan membaca.
·   Memilih bacaan yang disenangi contoknya .....
·   Tuliskanlah karangan tentang kegiatan cara menanam bunga.
IPS
·   Ceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
KTK
·   Buatkanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·   Buatkanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
·   Jelaskanlah tepuk bervariasi.
·   Sebutkanlah memainkan alat musik sederhana.
·   Bagaimana cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·   Bagaimana cara Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
·   Bagaimana cara Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
·   Bagaimana cara Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·   Bagaimana cara Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·   Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.

·   LKS
·   Lmbar observasi.


v  Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

 2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
           

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10










  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar