Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : ...........................
Kelas / Semester : 2 / 2
Tema : Lingkungan
Waktu : 4 minggu
Standar Kompetensi
B. Indonesia
Berbicara
- Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
- Menulis
- Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
Matematika
- Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
- Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana.
IPA
- Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
- Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
IPS
- Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
SBK
- Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
- Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
- Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.
Kompetensi Dasar
B. Indonesia
· Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
· Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
· Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
· Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
Matematika
· Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
· Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
· Melakukan operasi bilangan campuran.
· Mengelompokkan bangun datar.
· Mengenal sudut bangun datar.
IPA
· Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
· Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
· Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
· Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
· Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
· Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.
SBK
· Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
· Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
· Berkreasi dengan cat warna.
Tujuan Pembelajaran**
B. Indonesia
· Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.
· Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
· Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
· Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.
· Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
· Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
· Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.
Matematika
· Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
· Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
· Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
· Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
· Siswa dapat menentukan, menggambar bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi.
IPA
· Siswa dapat mencari sumber bunyi alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
· Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
· Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
· Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.
IPS
· Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
· Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
· Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
· Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
· Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
· Siswa dapat memainkan alat musik ritmis.
· Siswa dapat menjelaskan cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
Materi ajar (materi pokok)
- Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
- Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
- Mendeklamasikan puisi.
- Perkalian dan pembagian.
- Bangun datar dan unsure bangun datar.
- Sumber panas dan energi serta kegunaannya.
- Menceritakan pengalaman.
- Lingkungan alam dan buatan.
- Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
Metoda pembelajaran
- Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.
Langkah-langkah
A. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur tempat duduk, mengabsen.
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia, Matematika, IPS). 3 x 35’.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat menjelaskan cirri tumbuhan dan binatang secara lisan dan dituangkan dalam tulisan.
F Mengingat fakta perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.
Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika). 4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan tentang suara dan gerakan binatang siswa dapat menirukannya dengan riang dan gembira.
F Menjelaskan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika, IPA). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengungkapkan cirri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya melalui bacaan atau cerita yang tersedia.
F Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mengerti dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering digunakan, sumber energi di lingkungan sekitar.
Pertemuan keempat (SBK, B. Indonesia, Matematika). 4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan unsure cetak gambar / cetak tinggi.
F Membaca dengan intonasi yang benar dengan kecepatan, tentang cerita binatang.
F Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
F Mendemontrasikan hitung perkalian 1 dan 2
.
Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menirukan suara binatang dan gerakannya kemudian dituangkan ke dalam tulisan tegak bersambung dan tidak lupa penggunaan huruf kapital.
F Mendemontrasikan hitung perkalian 1 – 3.
Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai tiga.
F Menyusun kalimat sederhana.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai lima.
F Membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang benar secara seksama.
Pertemuan kedua (IPS, Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperagakan peran tentang diri sendiri sebagai makhluk social yang memerlukan lingkungan sekitarnya.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mampu mengungkapkan dan hafal hitung perkalian.
F Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang dibacanya.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang kegunaan energi, baik itu energi bunyi, panas dan energi listrik diharapkan siswa dapat mengungkapkan alasan yang tepat tentang penggunaan energi tersebut.
F Menuliskan yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung yang baik dan benar.
F Melalui penjelasan tentang pembagian diharapkan akan lebih memahami tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membac dan menjawab pertanyaan dari isi cerita kemudain dituangkan kedalam tulisan dengan bentuk karangan pendek.
F Mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang sampai nol.
Pertemuan Kelima (Matematika B. Indonesia) 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung pembagian satu sampai 5
F Menyusun kalimat sederhana.
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK) 4x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat bersuara nyaring dengan intonasi yang benar kemudain di tulis dengan menggunakan huruf sambung dan penerapan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
F Membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif imajinatif dari bahan alam.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung pembagian dan penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat membaca cerita dengan bantuan gambar.
Pertemuan kedua (Matematika, B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Pengerjaan hitung campuran perkalian dan pembagian.
F Melengkapi cerita tentang data keluarga ditulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang benar.
F Dari penjelasan guru, diharapkan siswa dapat menyebutkan perbedaan lingkungan alam dan buatan di sekitar lingkungan rumah.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan energi yang sering digunakan sehari-hari serta memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
F Siswa membaca dengan bersuara tentang membersihkan halaman serta mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
F Melalui penjelasan guru tentang pembagian sampai 50
Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meringkas bacaan, melengkapi kalimat yang telah disediakan guru.
F Pembagian sebagai kebalikan perkalian
F Siswa mengerjakan soal cerita tentang perkalian dan pembagian.
Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan bangun datar, siswa mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
F Siswa mengurutkan bangun datar menurut ukurannya.
F Menulis kalimat yang didiktekan guru.
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK). 4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk menyusun sebuah karangan sdengan bentuk puisi.
F Siswa mendeklamasikan puisi tersebut di depan kelas.
F Dengan penjelasan guru tentang cara pembuatan cat warna dan bahan alami.
F Siswa mendemontrasikannya pembuatan cat warna.
Minggu ke 4
Pertemuan pertama (Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang sudut dan bangun datar
F Siswa menyimak penjelasan guru.
F Siswa menyebutkan unsur-unsur bangun datar.
F Siswa menggambarkan jenis-jenis bangun datar.
Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan pendek.
F Siswa membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
F Siswa melanjutkan materi berikutnya yaitu menggambar dan membuat bangun datar dengan ukuran tertentu.
F Siswa menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar baik di rumah maupun di sekolah secara lisan ataupun tulisan.
Pertemuan ketiga (Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan materi berikutnya.
F Siswa melaksanankan tugas yang diberikan guru yaitu membuat bidang datar dengan ukuran yang ditentukan guru dengan menggunakan alat bantu.
F Siswa menyebutkan benda yang termasuk banmgun datar di sekitar kelas.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk membuat kalimat berdasarkan gambar.
F Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar.
F Siswa menyalin kalimat dari huruf cetak ke huruf tegak bersambung.
F Guru menugaskan siswa untuk mencari gambar yang berhubungan dengan lingkungan alam dan buatan dari berbagai media cetak untuk dibuat kliping.
F Pertemuan kelima (IPA). 2 x 35’
F Guru mengulas materi yang telah disampaikan dan menyampaikan materi berikutnya.
F Siswa dibawa guru ke luar kelas untuk merasakan lanmgsung pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap makhluk hidup.
F Siswa membuat laporan apa yang di rasakannya.
Pertemuan keenam (SBK). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara penggunaan cat warna yang terbuat dari bahan alam atau buatan.
F Siswa mencoba membuat cetakan sederhana dengan menggunakan cat warna yang telah dibuat dari bahan alam atau buatan.
F Siswa dapat membandingkan kualitas cat warna yang dibuat dari bahan alam dan bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
F Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
F Memberikan tugas atau PR
Alat dan sumber :
F Buku paket
F Alat peraga
F Media cetak
F Media elektronik
F Lingkungan sekitar
F Kreatifitas guru
Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
B. Indonesia · Menirukan gerak dan suara binatang tertentu. · Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut. · Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya. · Menjawab pertanyaan tentang isi cerita. · Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang. · Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat. · Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca. · Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat. · Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan. · Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu. Matematika· Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara. · Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara. · Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya. · Menggunakan bangun datar menurut ukurannya. · Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi. · Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut. · Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut. IPA· Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga. · Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi. · Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. · Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik. · Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari. · Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk. · Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. IPS· Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga. · Memperagakan peran tentang diri sendiri. · Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. · Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita. · Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah. SBK· Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif. · Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam. · Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar. · Mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam. · Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan. | tertulis, lisan, perbuatan | isian,essay, skala sikap, portofolio | B. Indonesia · Bagaimana cara Menirukan gerak dan suara binatang tertentu. · Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut. · Jelaskanlah cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya. · Jelaskanlah pertanyaan tentang isi cerita. · Ceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri. · Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang. · Jelaskanlah cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat. · Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca. · Salinkanlah kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat. · Tuliskanlah karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan. · Tuliskanlah karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu. Matematika· Jelaskanlah pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara. · Jelaskanlah pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara. · Hitungkanlah secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya. · Hitungkanlah bangun datar menurut ukurannya. · Tentukanlah unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi. · Tentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut. · Bagaimana cara Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut. IPA· Sebutkanlah sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga. · Sebutkanlah contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi. · Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. · Jelaskanlah alasan penggunaan jenis energi listrik. · Ceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari. · Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk. · Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. IPS· Ceritakan pengalaman diri sendiri dan keluarga. · Peragakan peran tentang diri sendiri. · Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. · Sebutkanlah contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita. · Ceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah. SBK· Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif. · Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam. · Jelaskanlah cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar. · Jelaskanlah cara mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam. · Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan. |
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar