Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : .................................
Tema : Lingkungan
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 2 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang
dilisankan.
· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
· Menceritakan pengalaman.
2. IPA :
· Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).
3. PKN :
· Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
· Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
· Membedakan bunyi bahasa.
· Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
· Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
· Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
· Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia
I. Tujuan Pembelajaran** :
· Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
· Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah, pulang sekolah dan kesan bersekolah..
· Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat, perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat..
· Siswa dapat membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
· Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama yang diakui di Indonesia.
· Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
· Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam mengerjakan hitung sampai 20..
· Siswa dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
· Siswa dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
· Siswa dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
· Siswa dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
· Siswa dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
· Siswa dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana.
· Siswa dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin huruf, gambar, dan kalimat.
· Siswa dapat menentukan sumber bunyi
· Siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
· Siswa membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
· Siswa dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
· Siswa dapat menyebutkan kegunaan benda.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Peristiwa masa kecil
· Hidup rukun dalam perbedaan.
· Oprasi hitung bilangan.
· Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
· Pelafalan bunyi bahasa
· Kalimat sapaan
· Membaca kata dan kalimat.
· Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat
· Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
· Gambar barang budaya/ alami.
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
IV. Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
Apresepsi/ Motivasi :
· Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
· Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
· Mengumpulkan tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu I
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati model/ gambar makanan sehat, menyebutkan jenis makanan yang dapat menyehatkan tubuh.
F Mengamati lingkungan sekitar untuk mendiskusikan pentingnya air, pakaian, udara, dan lingkungan untuk tumbuh sehat.
F Mengamati gambar tempat ibadah umat beragama di Indonesia.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengelompokkan jenis makanan yang menyehatkan dan tidak menyehatkan.
F Menyebutkan jenis air yang baik untuk kesehatan tubuh.
F Menyebutkan nama agama yang sesuai dengan tempat ibadah yang ditunjuk
F Menceritakan kegiatan keagamaan yang pernah diikuti atau yang pernah dilihat, dan didengar.
F Mendiskusikan kegiatan keagamaan yang ada di Indonesia.
F Memberikan contoh peristiwa sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan.
F Menterjemahlkan peristiwa tersebut ke dalam kalimat matematika baik penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20 secara lisan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pendengaran yang cermat menyebutkan suara langsung dan suara tiruan.
F Mendengarkan penjelasan guru tentang peristiwa yang pernah dialami pada saat masih kecil bisa diceritakan kembali kepada orang lain, sebagai pengalaman kepada temannya atau gurunya.
F Menceritakan pengalaman masa kecil yang didengar dari orang tua atau orang lain
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menirukan susra yang didengar, dan menyebutkan jenis suara yang didengar.
F Menirukan susra binatang, kendaraan, dan suara alam.
F Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman orang lain.
F Menuliskan peristiwa penjumlahan dalam kehidupan sehari-hari ke dalam kalimat matematika secara lisan.
F Mencari hasil dari penjumlahan tersebut .
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Peretemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengalaman dan pengamatan dapat membedakan suara buatan dan suara alami.
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul + yang dapat diartikan sebagi penjumlahan,dikumpulkan, diberi lagi, membeli lagi penambahan, dan simbul = untuk mendapatkan hasil.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkan suara –suara alami yang pernah didengar
F Menyebutkan suara-suara buatan yang pernah didengar
F Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul + dan =.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menciptakan jenis suara yang baru.
F Mencari hasil penjumlahan dengan hasil yang tepat, dalam menerjemahkan ke dalam kalimat penjumlahan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Bermain bunyi , membuat kelompok , setiap kelompok mengeluarkan bunyi tiruan dan bunyi alami yang pernag didengar.
F Membuat kalimat matematika melalui pengamatan lingkungan kelas.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru, siswa dapat membaca simbul ( - ) yang dapat diartikan sebagi pengurangan, dikurangi, terbang, lari, hilang, diberikan, dan simbol = untuk mendapatkan hasil.
F Melalui penjelasan guru, siswa memeragakan menyapa teman dengan cara yang baik dan bahasa yang santun.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan pengurangan melalui benda konkrit dan ditulis dalam kalimat matematika dengan menggunakan simbul ( - ) dan ( = )
F Menirukan kalimat sapaan yang diucapkan guru.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mendengarkan penjelasan guru tentang sumber bunyi.
F Menjelaskan bunyi alam adalah bunyi yang dihasilkan oleh alam, contohnya suara air mengalir, angin bertiup, suara guntur , suara ombak dll.
F Menjelaskan bunyi buatan yaitu bunyi yang dihasilkan oleh tubuh manusia, contohnya : bernyanyi, berdecak, berbicara,bertepuk, memetik jari.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melakukan gerakan yang dapat menghasilkan bunyi, baik menggunakan alat sederhan maupun menggunakan anggota tubuh.
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa mengelompokkan bunyi menjadi dua jenis yaitu bunyi alam dan bunyi buatan.
F Memeragakan menyapa oarng tua, guru dan orang yang lebih tua, dengan kalimat yang santun dan cara yang baik secara individual.
F Mengajukan pendapat atas peragaan temannya untuk perbaikan dan menambah keberanian mengeluarkan pendapat.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Minggu ke 2
Pertemuan pertama : 3 x 35 menit ( IPA, PKN, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui percobaan tentang air di lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan jenis air yang dapat menyehtkan dan tidak menyehatkan.
F Melalui penjelasan guru dan pengalaman, siswa menyebutkan 4 kitab suci umat beragama yang ada di Indonesia.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui pengamatan lingkungan sekitar siswa dapat menjelaskan tentang lingkungan sekitar termasuk sehat atau tidak sehat.
F Melalui diskusi sederhana siswa menyimpulkan udara kotor sangat berpengaruh pada kesehatan manusia.
F Melalui Lembar Kerja siswa mencari informasi tentang 5 pemuka agama yang ada di Indonesia.
F Menyelesaikan soal latihan untuk penjumlahan.
F Mengerjakan soal penjumlahan di papan tulis.
F Melakukan penyelesaian soal cerita sederhana tentang penjumlahan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke dua 3 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan bantuan guru siswa menyusun naskah percakapan sapaan yang sederhana dengan menggunakan bahasa yang santun.
F Melalui penjelasan guru sebagai motivasi, siswa dapat mengingat kembali kesan pertama masuk sekolah Dasar , dan menceritakan peristiwa/ pengalaman tersebut kepada orang lain atau temannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memperagakan naskah percapan sapaan tersebut di depan kelas.
F Mengerjakan soal pengurangan di papan tulis.
F Menyelesaikan soal cerita sederhana tentang pengurangan
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke tiga 2 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengamati kartu huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l yang diperlihatkanguru.
F Melalui penggunaan kartu huruf , siswa dapat menyusun kata sederhana.
F Membaca susunan kartu huruf tersebut dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
F Membaca kalimat tersebut dengan suara nyaring dan pelafalan yang benar.
F Membaca dan menghapal fakta dasar penjumlahan sampai dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyusun kata-kata tersebut menjadi kalimat sederhana.
F Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke empat 2 x 35 menit. ( Bahasa Indonesia, Matematika )
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menghapal fakta dasar pengurangan sampai dengan 20
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Melalui Lembar Kerja menulis, siswa menjiplak dan menebalkan bentuk huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas, kata atau gambar dengan posisi duduk dan pemegangan alat tulis yang benar.
F Melakukan tanya jawab dan pengetesan hasil hafalan dari fakta dasar tersebut.
F Pengetesan melalui lisan dan tertulis.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke lima 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melakukan penjumlahan melalui benda konkrit untuk konsep penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20.
F Mengamati bentuk huruf dari papan tulis, lalu menuliskannya di udara huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l secara lepas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengerjakan soal penjumlahan bilangan 3 angka hasil sampai 20 yang didiktekan guru.
F Menuliskan kata yang dibentuk dari huruf a, i, u, e, o, m, n, b, d, dan l.
F Melakukan salintatap beberapa kata yang ditulis di papan tulis ke dalam buku tulis sendiri.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Pertemuan ke enam 3x 35 menit (Seni Budaya dan Keterampilan, Bahasa
Indonesia)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui pengamatan dan pengalaman siswa menjelaskan perbedaan panjang dan pendek bunyi,
F Menyalin kalimat sedrehana dengan tulisan tegak bersambung.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membedakan keras dan pelan suatu bunyi ( dinamik).
F Menuliskan kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata yang didiktekan guru.
F Menuliskan dengan bentuk huruf lepas yang benar.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
F Mengerjakan post tes
F Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
- Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
- Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan.
· Alat Peraga :
1. Gambar makanan sehat dan makanan tidak sehat..
2. Gambar keluarga dari majalah / foto keluarga.
3. Kartu huruf
4. Kartu bilangan.
5. Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
6. rebana, suling, botol, gelas ( sumber bunyi buatan )
7. Sampel air bersih dan tidak bersih.
VI. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |
1. IPS : · Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua. · Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah · Menceritakan kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar. 2. IPA : · Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh. · Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk · tumbuh sehat. · Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik untuk tumbuh sehat. 3. PKN : · Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya · Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama · Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia. · Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia. 4. Matematika : · Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari. · Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20 · Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20. · Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20. 5. Bahasa Indonesia : · .Membedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat. · Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda. · Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun. · Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana · Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.. 6. Seni Budaya dan Keterampilan. : · Menentukan sumber bunyi. · Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan. · Membedakan panjang dan pendeknya bunyi. · Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan | Tes lisan Tes tertulis | Uraian isian | 1. IPS : · Ceritakanlah kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua. · Ceritakanlah pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah · Ceritakanlah kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar. 2. IPA : · Tunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh. · jelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk · tumbuh sehat. · Bedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik untuk tumbuh sehat. 3. PKN : · Sebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya · Ceritakanlah kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama · Sebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia. · Jelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia. 4. Matematika : · Terjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari. · Bagaimana cara Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20 · Bagaimana cara Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20. · Bagaimana cara Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20. 5. Bahasa Indonesia : · Bedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat. · Tirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda. · Bagaimana cara Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun. · Bagaimana cara Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana · Bagaimana cara Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Bagaimana cara Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Bagaimana cara Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. · Bagaimana cara Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.. 6. Seni Budaya dan Keterampilan. : · Tentukan sumber bunyi. · Bedakan bunyi alam dan bunyi buatan. · Bedakan panjang dan pendeknya bunyi. · Jelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan · LKS · Lmbar observasi. |
I. Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. | Konsep | * semua benar * sebagian besar benar * sebagian kecil benar * semua salah | 4 3 2 1 |
2. Performansi
No. | Aspek | Kriteria | Skor |
1. 2. | Kerjasama Partisipasi | * bekerjasama * kadang-kadang kerjasama * tidak bekerjasama * aktif berpartisipasi * kadang-kadang aktif * tidak aktif | 4 2 1 4 2 1 |
3. Lembar Penilaian
No | Nama Siswa | Performan | Produk | Jumlah Skor | Nilai | |
Kerjasama | Partisipasi | |||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8 | | | | | | |
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar